Muntahan karyawan

Seharian ini saya lagi amaze sama diri sendiri dan tentunya hidup ini, sama mau dibawa kemana hubungan kita. nggak ding.

jadi ya sodara-sodara, sepulang dari kuliah di belanda kmaren itu, saya punya hobi baru: bikin grafik. bukan desain grafik seperti poster, cover album ataupun lay-out majalah. itu mah hobi jaman dulu waktu kuliah, hehe. grafik yg sekarang itu bentuknya.. hmm apa ya. kalo bahasa inggrisnya sih charts. yg type-typenya antara lain bar chart, pie chart, bubble chart, radar, dsb. para pengguna microsoft excel pasti ga asing dengan bentuk2annya.
Databases have feelings too
nah, kenapa bisa hobi? itu pun saya ga mengerti.
tapi yg jelas, waktu ambil mata kuliah Data Exploratory, saya dibikin ternganga-nganga dengan kemampuan visualisasi data ini. bukan pada rumus-rumus statistiknya. tapi lebih kepada, bagaimana tampilan yg berbeda dari data, bisa membuat orang punya pemikiran yg berbeda juga. ibaratnya gini ya, kalo ada data: A punya anak 3, B punya anak 2, C punya anak 5, D ga punya anak 1. Nah kalo kita baca sekilas, perasaan ini cuma laporan produktivitas seseorang aja, dan ga semua orang bisa langsung kepikiran, ya oloh anaknya C banyak amat. tapi kalo dibikin bar chart sederhana aja, begitu orang ngeliat, semua perhatian tertuju pada C. kalo orangnya macam saya, suka mengaitkan pada cerita-cerita yg kadang ga nyambung. contohnya, apa di rumah C ga ada listrik ya sehingga dia lebih suka bikin anak daripada main Wii.
saya juga mulai tergila-gila sama tampilan, istilahnya ‘art’-nya grafik. contoh nyata, kalo bikin grafik pake microsoft excel 2003, default otomatis grafiknya tuh buruk banget, menurut saya. terlalu ribet padahal katanya sih, desain yg paling bagus itu yg simpel. saya sering menghabiskan berjam-jam cuman untuk ganti2 warna grafik sama mengutuki microsoft excel 2003 yg menyalahi kaidah2 desain.
nah hobi ini jarang saya liatin ke orang-orang. agak2 ga lazim emang kalo ada cewek bawa-bawa laptop untuk bikin2 grafik di microsoft excel. apalagi R. beuh, super nerdy banget itu R. bayangkan aja, paket statistik yang pengoperasiannya pake skrip. alias kalo mau bikin tabel itu, kita bukannya klik Insert Charts, melainkan nulis: plot(jumlahanak.txt,color=”green’,width=”3″). atau semacam itulah, udah lupa juga skrip R kayak gimana.
eh kok malah jadi ngomongin R. maksudnya adalah, mbok ya laptop itu digunakan untuk fungsi umumnya saja. buat nulis blog menyek2, edit-edit foto sama facebook-an dan youtube-an.
singkat kata, singkat cerita, saya disini sekarang, kerja. dan sampai sekarang saya masih takjub, bahwa sekarang ini saya dibayar untuk: yak, bikin grafik!!
grafik2nya pun kadang sederhana aja, bukan yg canggih2 mind mapping atau jaringan koneksi kereta bawah tanah London tube. kadang cuman perbandingan jumlah truk air yang mampir di Somalia dari bulan Agustus – Desember 2011. tapi saya harus mendandani grafik itu semanis mungkin, tentu saja dengan bbrp ketentuan style-nya si organisasi ini. tapi teuteup aja saya masih amazing. bisa ya akhirnya ada yg menggaji saya untuk ngerjain yg beginian. lebih canggih lagi, kadang saya harus nulis manualnya, trus ngajarin orang2 untuk bisa bikin grafik yang mirip.
terima kasih ya Tuhan ya. sekali lagi, kamu paling tahu apa yg aku mau deh. muwah.
juga untuk mau dibawa kemana hubungan kita :)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s