Hinds dan Semangat Gabba Gabba Hey!

22549057342_480d381990_o

Konser Blur sukses mablur dan besok harinya begitu bangun kita langsung berdendang Oh My Peebeee, oh my Peebeee… Coffee and Peebies, and mystery… Gw sama Jesse emang suka banget ganti-ganti lirik lagu pake Peebs, Peebies atau Peebo. Abis itu kita elus-elus Peebs sambil manja-manjain dia “Oh Peebs, you have been an inspiration for so many musicians!

Tadinya mau nulis tentang Blur tapi ternyata hari Selasa udah ada konser berikutnya, yaitu Hinds. Ga semegah konser Blur di Madison Square garden, tapi yang ini band cewek-cewek semua dan gw udah kontan jatuh cinta. Gw ga tau kalo di dunia ini ada orang lain yang yang suka Hinds, tapi gw sih, sukaaa banget! Tergila-gila. Kalo tahun 2013 girlsband-nya adalah Haim, tahun ini adalah Hinds. Mirip-mirip kan namanya.

Mungkin karena awalnya gw suka Mourn (ini udah ada draft tulisannya tapi belom selesai aja uy) maka Spotify menyarankan supaya dengerin Hinds. Eh bukan ding, kalo ga salah sih di suatu hari Jumat gw dengerin kompilasi album dengan berbagai artis dari Spanyol (karena iseng cari Mourn), dan di dalamnya ada Hinds. Hinds dan Mourn sama-sama dari Spanyol dan dominan cewek, tapi Hinds lebih manis, lebih melodis dan ga sepiyik cewek-cewek Mourn. Walopun suara Carlotta si vokalis sangatlah kiyut dan gw berasumsi lirik-lirik lagunya seputar cinta-cintaan abege. Tapi musiknya jingkrable banget, ga terlalu teriak-teriak dan minim distorsi, tapi tapi tapi… Tapi gw suka pisan lah pokoknya. Ada campuran Shonen Knife, Ramones, the Libertines dan perkawinan melodicore dan garage rock, tapi ada juga centil-centil khas wanita. Lagu-lagunya sederhana semacam cuman butuh tiga kunci, jadi deh. Punk rock much?

Tapi nanggung banget deh, di Spotify mereka cuma pasang 6 lagu. Semuanya langsung gw puter berulang-ulang dan sampe sekarang belum bosen juga tuh. Iya, segitu nagihnya. Ternyata mereka lagi tur keliling US dan sekitarnya lalu mampir ke Brooklyn, maka tanpa basa-basi beli tiket, lalu kmaren malam gw bisa joged-joged lagu Chilli Town di Music Hall of Williamsburg.

Agak nostaljik juga sama venue MHoW. Kalo ga salah gw nonton beberapa konser pertama di NY ya disinilah. Oh Land sama Dum Dum Girls. Tapi kali ini mau nonton Hinds, hey! Gw dateng kepagian dan memang lagi males bersosialisasi karena kayaknya pengunjung kebanyakan di bawah umur, maka gw nunggu sambil bales-bales e-mail dan minum bir di lounge. Oh iya, baru tau kalo Lounge di Mezzanine MHoW asik banget. Ada bar besaaar banyak kursi dan meja dan ada tangga-tangga yang bisa jadi tempat nyaman untuk duduk-duduk. Cuman ngintip-ngintip dikit pas Public Access TV, band pembukanya main. Mayan enak sih Public Access TV itu, tapi the Strokes banget. Dari lagu sampe setelan gitarnya sangatlah Julian dan kawan-kawan.

Begitu Hinds mulai, lalu beranjak ke depan panggung. Cewek-cewek manis dengan setelan bagaikan disponsori H&M, memulai malam itu dengan Warning with the Curling. Nomer yg cukup melow dan ga pernah gw denger sebelumnya, karena ini waktu mereka namanya Deers. Kabarnya ada yg nuntut mereka pake nama band yang sama, lalu ganti jadi Hinds. Cakepan Hinds ah.

Selanjutnya, udah Trippy Gum aja. Gw suka banget lagu Trippy Gum soalnya lucu-lucu teu puguh gitu deh. Lagu ini juga dari Deers, tapi entah kenapa ada juga di album mereka di Spotify. Ya gapapa, enak sih. Dan selanjutnya dan selanjutnya satu per satu hits mereka dibawakan dengan aura ceria. Gw yang emang udah kesengsem sama lagunya, udah ga bisa apa-apa selain menjura sekaligus iri sama cewek-cewek ini. Carlotta dan Ana, dua gegeduk sekaligus frontman dan gitaris, jago bikin lagu yang gampang dicerna dan gampang disuka. Karakter suara Ana yang lebih ngebas dan suara Carlota yang centil pas banget baik buat harmoni maupun timpal-timpalan. Main gitarnya juga gitu, celetak celetuk. Sementara basis dan drummernya yang juga cewek dan cenderung pemalu sebagaimana karakter alat musiknya, asik senyum-senyum sepanjang konser.

Penonton cukup menggila, lantai dansa penuh dan di bibir panggung para penonton meriah bener sambutannya. Gw kira MHoW akan dipenuhi cewek-cewek dengan semangat feminis, tapi enggak. Ini bukan Pussy Riot hey. Hihi. Malah sebagian besar penontonnya cowok. Yang sibuk goyang dan nyanyi-nyanyi ya cowok-cowok itulah. Ya mbak-mbaknya manis banget ssiihhh… Terus mereka juga komunikasinya pas aja. Yang paling banyak ngomong tentulah Ana, dan entah kenapa setiap nonton band dari Spanyol, ngegemesin banget sih. Aksennya dan cara mereka meringis malu-malu gitu, bikin semuanya terasa pas aja. Tentunya setiap kalimat Ana disambut meriah sama penonton dengan bahasa Spanyol yang gw kurang mengerti. Apa emang ga kedengeran ya.

Konser ditutup dengan Castigadas en el Granero tapi masih ada satu encore yaitu Dave Crochett, cover-nya Thee Headcoatees. Di lagu ini Ana sibuk narik-narik penonton ke atas panggung, yang nampak jadi agenda wajib di konser mereka berjoged bersama pemirsa. Semacam Luscious Jackson ya? Seru!

22562629675_5077124d46_o

Abis itu udah deh. Salah satu agenda nonton Hinds adalah pingin beli albumnya karena pingin punya lebih banyak lagu Hinds!! Enam lagu Spotify ga cukup cuy. Tapi ternyata mereka emang belum rekaman banyak lagu. Hiks hiks, banyakkin dong lagunyaa.. Dunia butuh lebih banyak lagu-lagu Hinds niiihh… Tapi kabarnya gigs di NY ini nyaris US gig terakhir sebelum Boston, dan abis itu mereka akan konsentrasi rekaman buat album baru yang akan dirilis Januari tahun depan. Baiklah, dua bulan lagi. Yang sabar ya neng.
Akhirnya gw beli aja EP-nya yang isinya enam lagu sajah tapi gw hepi sekali dan pulang sambil pingin bersial-siul: Gabba Gabba Hey!

12 thoughts on “Hinds dan Semangat Gabba Gabba Hey!

  1. Ping balik: Album minggu 2015 | Langit, laut dan Doraemon

  2. Ping balik: Langit, laut dan Doraemon

  3. Ping balik: Something to Tell You – HAIM | Langit, laut dan Doraemon

Tinggalkan Balasan

