Ulasan buku resep: The Best of Indonesian Cooking

indonesiancooking

Okeh, konser Blur dan Hinds telah lewat, sekarang waktunya kembali berkutat di dapur.
Udah ngerti kan ya tentang si dapur cilik (belagak pada rajin baca blog ini) dan niat mendokumentasikan resep-resep yang sudah gw tes, terutama yang berhasil, yang gagal mah pura-pura aja ga masak. Hihi. Tapi setelah dipikir-pikir semua resep yang berhasil itu rata-rata masakan Indonesia. Dan resep masakan Indonesia, darimana lagilah klo bukan dari buku The Best of Indonesian Cooking ini.

Punya buku resep ini juga ga sengaja. Pemberian mantan #uhuk sebagai cinderamata terindah. Awalnya sih ngerasa, dih ngapain sih kayak susah aja nyari resep masakan Indonesia. Pabalatak itu di internet. Dan kayak mau rajin masak aja, mending beli deh biar praktis. Tapi karena dia yang beresin koper gw, maka buku ini dibiarin aja masuk di kargo. Niatnya sih mau dikasihin ke bule yang berminat belajar masakan Indonesia. Sungguh niat buruk berakibat putus #curcoldetected

Tapi ternyata gw punya misi mempopulerkan masakan Indonesia biar kemana-mana bisa pesen nasi goreng Jawa. Maka gw mulai masaklah. Lupa juga pertama kali nyoba resep masakan yang mana. Yang jelas setiap kali mau masak, lalu ngubek-ngubek di internet malah bingung sendiri. Dan resep juga cocok-cocokan ya. Misal mau masak opor ayam, di internet ada ratusan resep opor ayam. Capek men bacain satu-satu, membandingkan dan ga semuanya jelas. Ibu-ibu itu bolehlah jago masak, tapi ga semua jago nulis resep yang gampang diikuti. Belum lagi urusan nerjemahin berbagai bumbu apakah itu kluwak, kunci atau lengkuas dalam bahasa enggres? Ditambah takaran yang harus bolak-balik gw konversi dari gram ke cup, dsb. Ribet ah.

Nah, buku ini bahasa Inggris jadi lebih gampang nyari bahan-bahannya di toko-toko New York. Udah gitu, ada penjelasannya di depan tentang bumbu-bumbu dasar, alat-alat masak yang dibutuhkan dan foto-fotonya bikin ngiler jaya. Terus setiap langkah-langkah resep dijelaskan singkat, padat dan teratur sesuai urutan masak. Gw paling sebel kalo lagi masak ngikutin resep trus harus bolak-balik dari langkah satu ke atas bawah dan sebagainya. Emangnya DDR #gamelawas.

isibukuresep
Begitu sukses masak beberapa resep dari buku ini, udah deh jadi kitab masak-memasak di dapur. Dan nyaris ga ada yang gagal, kecuali beberapa resep yang gw masak kurang bahan karena males ke pasar saat musim dingin. Gw bahkan segitu sombongnya, ngasihin buku ini ke Jesse, suruh dia tunjuk resep manapun akan gw masakin. Eh dia nunjuk ayam betutu. Ini belum waktunya Thanksgiving woy.

Eniwei, buku ini sangat direkomendasikan bagi yang mau belajar masak masakan Indonesia, dengan kategori sebagai berikut: pemula, orang Indonesia yang tinggal di luar negeri maupun orang non-Indonesia.

Barusan gw hasil googling ternyata ada pasangannya yaitu Indonesian Dessert. Yay! Langsung khilaf order, dan nantikanlah kreasi menuju diabetes berikutnya yaaa…

6 thoughts on “Ulasan buku resep: The Best of Indonesian Cooking

    • Iya, aku beruntung sih, hampir semua bumbu masakan ada di NY. Aku sih biasanya nyetok bumbu-bumbu kering, mayan kok buat ngobatin kangen. Udah pernah coba order asian groceries via online?

Tinggalkan Balasan

