Bubur ayam kegalauwan

buburayam.png

Bubur, ayam dan teman-teman sekelurahan.

Wiken kemaren gw niat banget mau bikin bubur ayam, udah nyetok ayam, bawang daun dan seledri segar. Bahan-bahan lainnya telor dan nasi sih udah jadi staple di dapur gw. Berbagai macam bebumbuan semacam bubuk kunyit, ketumbar, daun jeruk, daun salam, kacang tanah, kerupuk dan sereh juga udah pasti ada di dapur gw yang sangat Indonesia ini. Kemasannya aja bule, di balik laci-laci itu bersaranglah segala hal yang Jesse ga tau namanya dan kalo iseng bongkar-bongkar dia mengerenyitkan kening kebauan.
Walaupun belum pernah bikin sebelumnya, gw udah tau deh, bubur ayam ini pasti menyita waktu. Jadi gw rebus ayamnya sambil begadangan sama Jesse nonton Narcos. Kaldu siap, lalu gw tinggal bobo.
Besoknya gw bangun dengan semangat mau bikin bubur ayam. Pas ambil rice cooker, eh kagak ada panci dalemnya dong. Gw terbengong-bengong.
Emang sih semenjak pindahan gw belum pernah masak pake rice cooker. Karena masak nasi paling seminggu sekali, jadi gw lebih suka pake panci di atas kompor aja. Udah gitu, Jesse ga pernah ngerti konsep rice cooker itu selain buat masak nasi juga buat menjaga nasi tetap hangat selama-lamanya. Jadi kalo gw ninggalin rice cooker dengan nasi hangat, seringkali dia matiin. Dikirain gw lupa matiin rice cooker. Gagal maning deh ngebayangin nasi panas abis pulang kantor, yang ada rice cookernya mati dan nasinya keras.
Tadinya gw mau pesenย aja panci dalem si Sanyo ini, tapi udah ga ada produknya. Lalu muncullah niat belanja gw bahwa sudah saatnya gw beli crock pot atau slow cooker! Dengan catatan si rice cooker marilah kita buang, gw udah ga terlalu demen nyimpen barang banyak-banyak di dapur.

Tapi lalu eike hari ini galau, apakah lebih baik mencari inner pot si Sanyo atau beli crockpot atau pressure cooker? Pinginnya sih yang multi-cooker dan bentuknya harus manis. Tadinya gw udah membulatkan tekad akan beli slow cooker aja, tapi dapur gw bakalan berkurang ke-Indonesia-annya kalo ga ada rice cooker. Aaaak, galaw.

muji-electronics

Cita-cita ngumpulin semua gadget dapurnya Muji. Ini dapur apa showroom apple store sih?

Udah gitu pas browsing-browsing gw malah ngiler pingin rice cooker Muji yg minimalis manis itu. Nampak modern, canggih dan cakep bahkan jadi pajangan di atas perapian pun. Peduli amat tombolnya huruf kanji. Udah gitu nemu Cookeo, yang untungya mahal bener dan susah diorder di US. Tapi lucu yaaa, kayak robot mini. Terus nemu lagi rice cooker Xiaomi, yang mirip marsmallow raksasa, tapi manis deh. Masalah tombolnya huruf mandarin nanti aja tanya-tanya staff restoran Panda sebelah apartemen.

xiaomi

Xiaomi yang nampak misterius. Ga ada tanda-tanda rice-cooker.

Ini rice cooker manis-manis gini, kenapa crockpot malah norak-norak sih? Ga ada yang simpel, ringkes, warna minimalis gitu ya? Apple kenapa ga ngeluarin gadget dapur sih?
Jadilah seminggu ini gw ga bikin pe-er, malah sibuk browsing-browsing rice cooker/slow cooker/berbagai kitchen gadget lainnya.

 

Coba mohon dibantu tips dan pengalamannya dengan cooker-cookeran ini.

Eh tadi gimana buburnya? Yes, jadi dong walau diaduk di atas kompor. Enak bambang gulindang. Tapi kagak lagi-lagi deh bikin bubur ayam, printilannya segambrengan.

26 thoughts on “Bubur ayam kegalauwan

  1. Berburu peralatan dapur itu kayaknya memang asyik, pengennya dibeli semua. Apalagi kalau warnanya sesuai selera, entah apa fungsinya rasanya pengen dibeli aja (ini aku haha). Kalo aku ke Ikea, pasti ada aja yg ditenteng. Kalo suami nanya, kujawab “ya nanti pasti kepake lah suatu saat” ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… bikin bubur ayam itu sama kayak bikin soto ayam atau gudeg. Printilannya banyak banget. Masaknya lama, makannya ga sampe 15 menit ๐Ÿ˜ƒ meskipun puas sih ya, tombo kangen.

    • Iya, soal warna penting banget!! Kan jadi semangat masak kalo peralatannya warna-warni. Padahal kalo kegosongan ujung2nya item juga :D Aku juga pernah tuh bikin soto, ribet sama printilan tapi pas udah jadi beneran ya menghangatkan jiwa raga jasmani rohani *lalu SKJ*

  2. Lho koq sama.. Lagi browsing rice cooker juga.. Di Australia saya punya rice cooker tapi yg jadul generasi pertama dan gede banget, dikasih mertua.. Ceritanya pengen punya yg kecil aja trus yg bisa bikin bubur/nasi tim buat bayiku.. Tapi koq pilihannya gak banyak gak kayak di Indonesia..*ehmalahcurcol

  3. Huehehehehe klo gak ada rice cooker krg gimana gitu ya. Dl pas tggl di Prancis juga beli rice cooker (murahan) trua karena cm utk gw doank makannya nasi yg dimasak cm dikit dan hasilnya selalu keras hahaha gagal banget. Akhirnya rice cooker itu malahan sering gw pake masak pasta pas kepepet shared kitchen penuh or tutup haha. Klo mama yg bikin buryam kok kayaknya gampang ya, klo gw yg suruh bikin ummmmm…. Hahahha (eh ide bagus apple buat peralatan dapur pasti desainnya kerennn)

    • Sebenernya rice cooker ini emang senjatanya anak kos ya. Tinggal colok, ga butuh gas. Aku aja pernah bikin pancake raksasa di rice cooker. Sekarang mah udah ada dapur cakep, jadi bikin pancake langsung aja.
      Yuk kita masukkin proposal ke Apple supaya ngeluarin inovasi alat dapur!

  4. kalau apple ngeluarin gadget dapur kayanya gw bakal langsung antri Dit

    gw pakai slow cooker Crock Pot, ga keren sih, tapi terbukti tangguh, sukses memasak gudeg, telur pindang, sop buntut dll, udah 2.5 tahunan ga masalah. Wajib punya Dit, biasanya kalau mau masak sop malem-malem gw masak deh buntut/daging, pagi dah empuk tinggal masukin bumbu.

    rice cooker gw punya 2, yang kecil imut merk panasonic, buat porsi bikin nasi liwet, enak karena kecil dan 15 menit mateng. Yang gede merk Phillips, tangguh juga, masak nasi terus-menerus kalau jualan dan ga pernah rewel. Tapi keduanya memang standar penampilannya.

    Gw jadi mupeng Muji nih, Dita tanggung jawab haha, btw Bubur kirang cakue Neng :D

    • Oh wow, crockpot bisa masak sop buntut ya? Mungkin emang harus beli crock pot nih. Disimpen ajalah di lemari, ga ada tempat juga di atas meja dapur :D Rice cooker gw itu sebenernya ada fungsi slow cooker nya juga, tapi pas gw coba masak rendang kok ya nampak ga terjadi apa-apa. Dan gw sih sampe tahap ini belum terlalu butuh rice cooker. Mungkin nanti kalo jadi juragan nasi kuning, gw tanya2 lo tentang si Phillips. Gw suka sih produk Phillips.
      Iya uy, kmaren ga sempet beli cakwe ke Chinatown, tapi ya sudahlah. Itu aja udah enak banget.

  5. Dilihat dari biaya dan fungsinya mending beli slow cooker Crock Pot sih Dit. Memang harga lebih mahalan dikit tapi banyak fungsinya, kalo rice cooker kan cuma untuk masak nasi aja (ok kadang ada yang bisa kukus juga).

    Ada satu temenku masak nasi di satu wadah Tupperware gitu, nasi dicuci bersih, dengan air sedikit masak di microwave. Rasanya ok juga.

    Sebelnya kitchen aplliances itu makan tempat ya di dapur ๐Ÿ˜€

    • Crockpot malah murah, mbak. Ada yang $15 udah mumpuni. Tapi kok aku ga sreg sama bentukannya :D Sekarang ada juga multi-cooker semacam Instant Pot yg bisa rice cooker, slow cooker, pressure cooker, yoghurt maker, dll. Asik kan bisa hemat storage. Tapi ya itu bentukannya macam panci presto.

  6. gue punya dong Cookeo yang warna putih. Dulu belinya juga karena rice cooker rusak jadi sekalian lah beli yang multifungsi blablabla. Di foto sih cookeo emang imut-imut tapi aslinya gede bambang di dapur kecil gue.

    Mau masak sop buntut, ayam tulang lunak, bubur ayam dllnya bisa loh di cookeo karena ada fungsi prestonya dan bisa buat ngukus makanan juga. Tapi, pada akhirnya cookeo gue pensiunkan karena jarang2 amat butuh presto dan fungsi2 canggih lainnya itu. Dan masak nasi pake cookeo tuh ribet banget karena:
    1) Pancinya GEDE! Buat keluarga 4 personil aja masih kegedean
    2) Fungsi warmernya gak sepanjang masa. Biasanya cuma 2 jam trus mati dan harus dinyalakan lagi
    3) Mau masuk ke mode rice cookernya ribet karena harus mencet2 tombol selusin kali.

    Sekarang gue pake rice cooker merk miyako bawa dari Indonesia. Kecil, cepet, gak ribet. Pas banget ukurannya buat keluarga gue yang makan nasinya emang gak banyak2 amat. Cookeonya dikeluarin kalo mau party-party aja.

    • Wah Cookeo ini kok semacam blasteran antara cowok gw yang tak mengerti fungsi rice warmer sepanjang masa. Kayaknya emang rice cooker yang top itu buatan asia ya, sebagai negara-negara sanguinis alias doyan sangu.

  7. Jadi bikin galau nih post. Gw rice cooker kecil udah sampai bawahnya gak teflon lagi gak ganti2. Wih yg xiaomi keren banget nih mukanya yah? Pengen banget yang banyak tombolnya ala2 rice cooker jepang atau korsel. #padahalgaktautombolnyabuatapa

  8. Ping balik: Day 9: Main salju! | Langit, laut dan Doraemon

  9. Ping balik: Bubur ayam – TheRustantoFamily

Tinggalkan Balasan

