NYC Marathon

marathon

I’m still high from NYC marathon event. Padahal ga ikutan lari sama sekali.
Tapi beneran deh, the reason New York is the greatest city in the world can be seen from NYC Marathon. Bagaimana seluruh kota ikut meramaikan dan ngasih semangat ke para pelari ini. Kenal aja enggak.

Waktu pertama kali pindah ke NY bulan Oktober, gw nonton NY marathon dari apartemen mbak Diana yang kebeneran pas kelewatan jalur lari dan hepi banget liat para runners. Gw langsung mencanangkan tekad untuk masukkin NY marathon di bucket list gw. Waktu itu masih hobi banget lari tak tercatat sekitar 4-5 lagu dari iPod. Sempet heran juga, kok pada antusias marathon sih. Kan cape ya. Seiring berjalannya waktu, olahraga lari makin populer di Indonesia, dan gw lupa sama NY marathon karena tenggelam di kehidupan malam New York. Hayah.

Sampe sekarang, ikutan NY marathon masih jadi cita-cita. Dengan alesan kurang disiplin latihan lari, mau naik dari 5k ke 10k aja susah banget, walopun untuk pace udah mayanlah bisa pace bajaj race :D
Daftar NY marathon juga ga sembarangan sih, harus lari kenceng, ikutan 9+1 atau menang lotre. Yang mana dari ketiga-tiganya gw langsung pingin pindah olahraga senam lantai aja.
Tapi ada cara lain ikutan raramean, jadi sukarelawan! Maka daftarlah gw sebagai sukarelawan bagi-bagiin air dan gatorade. Soalnya kalo gw ikut lomba lari, selalu bahagia berlebihan tiap liat fluid station. Dan kebeneran ada fluid station deket apartemen gw, yaitu di bilangan 8th Mile. Ini kali kedua gw ikutan, dan seru deh pas bagi-bagi air ada DJ yang menemani dengan lagu-lagu soul bikin para sukarelawan serasa lagi block party. Sama kadang lagu gospel juga sih :D

marathon2

Block party kitaaahhh! Ada pelari yang sambil mampir ke fluid station tunjuk-tunjuk “Youre awesome! You’re awesome too. You’re awesome!” Pegelnya tangan lambai-lambai ga kerasa jadinya ;)

Gw ga mengira efek NYC marathon akan sehebat ini, ah palingan hepi-hepi nyemangatin pelari sama keketawaan sama para relawan. Tapi beberapa hari sebelum acara gw dapet e-mail broadcast dari Paul gegeduknya Transport Alternatives, dan gw jadi tertegun. Beginilah pembukaannya:

This Sunday, New Yorkers and people from all over the world will take to the streets of the five boroughs in the TCS NYC Marathon, the ultimate celebration of street life. Two years ago I was part of the team of cyclists escorting the wheelchair racers. That was an amazing experience. On Marathon Sunday, we get to see New York’s streets as we dream of them: car-free, wide open to walking and biking, welcoming and absolutely safe.

NY marathon bukan sekedar ajang prestisius mengejar medali emas (karena udah dibooking bertahun-tahun medali emas-nya sama orang Kenya). NY marathon adalah perayaan kota ini untuk jalanan sebagai ruang publik, apresiasi warga untuk para pelari dan jadi bukti bahwa kota ini begitu cakepnya untuk dilariin, daripada lariin anak orang *krik krik* Senin pagi abis NYC marathon, gw buka gothamist yang selalu bikin gw cirambay karena album photo marathonnya yang adooohh, manis-manis banget sih warga New York ini. Ga saling kenal tapi saling dukung. Coba kalo setiap hari kita bisa supportif begini, dunia pasti lebih indah kan?

nycmarathon

Banner favorit, masih dalam rangka #justiceforBarb. Fotonya Scott Lynch, diambil dari album foto favorit reportase marathon Gothamist.

Iklan

21 thoughts on “NYC Marathon

  1. Wah kebayang meriahnya NYC Marathon. Sekelas NYC dan sudah terkenal. Lihat Amsterdam Marathon aja meriah gitu. Pengen suatu saat bisa ikutan Berlin Marathon. Aku ini memang banyak pengennya haha males latihannya. Makanya mentok di 10k dengan catatan waktu yg sangat santai 😅 tapi tetep sih suatu saat minimal nyoba HM. aku suka nih ikutan race2 besar gini. Suka karena diteriaki kalimat2 penyemangat. Apalagi kalo nomer dadanya ada nama kita, wah berasa keren gitu huahaha norak deh Den! Jadi semangat buat lari terus, malu kalo berhenti. Kenya nih emang beredar dimana2 ya, karena profesi sih ya buat mereka. Larinya kayak peluru. HM bisa sejam (eh apa kurang dari sejam ya).

    • Iya seru banget kalo seluruh kota nyemangatin kita ya. Ayo mbak Deny, semangat latihannya! Kalo kita deketan aja, aku pingin ngajak lari bareng supaya lebih disiplin dan seru.
      Yah kalo Kenya sih udah turunan putra petir ya, marathon 2 jam saja :O

  2. Aku pernah ikut half marathon tapi itu aja rasanya ngga nyampe-nyampe Dit ;-) Love the spirit kalo ikut lomba lari, banyak dapet support dari penonton di sepanjang route. Kebayang deh NY marathon spirit & vibenya gimana.

    • Hahaha.. Aku aja 5km mau naik 10km, di km ke-7 suka ngerasa, ya udahlah ngapain sih cape-cape, bentar lagi bisa selonjoran minum kopi nih #akulemah :D
      Banyak band sama dj juga sepanjang NYC marathon, seru seruuu

  3. Aaahh cool! kayaknya kalo aku mau ke NY pas yah datengnya waktu NY Marathon hehehe *mulai berkhayal* … pdhl urusan pindahan masih jauh dari beres… *kemudian hening* :)))))))

  4. Aduh NYC Marathon ya, daftarnya aja susah. Aku sendiri dari dulu mentok di ikut 10K aja, masih belum berani naik kelas ke HM, padahal janji buat diri sendiri usia 40 harus udah bisa maraton (tinggal 2 tahun lagi nih *panik*)

    • Iya sama aku juga mentok di 10km. Tapi pelan-pelan ah mau nyoba tambah jarak dan pinginnya suatu saat bisa ikut NYC Marathon. Entah bagaimana caranya, minta dijampi-jampi dukun Kenya kayaknya :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s