Nonton Moonlight saat supermoon

hero_moonlight-tiff-2016

Foto dari Roger Ebert review

Jleb.

Dari pertama gw udah tau Moonlight ini bukan ‘feel good movie’. Aktornya hitam semua, dan banyak adegan-adegan diamnya. Tapi entahlah, gw suka masokis gitu ya, ga bosen-bosen nonton film yang yang bikin emosi acak-acakan.

Isunya narkoba, keluarga rusak, bully-membully di sekolah, gay dan tentunya kisah cinta. Tanpa pesan moral dan menggurui tapi bikin hati ngilu. Semuanya berkisar di Chiron, tokok utama film in. Sepanjang film gw gelisah, tapi akhirnya gw senyum-senyum.

Dengan segitu banyak isu berat, film ini menitik beratkan pada perkembangan karakter tokohnya. Ga heran, aktornya brilyan. Ada Remi Danton dari House of Cards yang muncul dari aktor pembantu. Ketiga aktor yang meranin Chiron, juara. Banyak sekali adegan close-up, long shot, portrait dengan mata Chiron berbicara banyak. Ketakutan, kebingungan, malu-malu, semua dijabarkan di adegan-adegan dengan wajah Chiron sebagai fokus utama.

Mungkin juga efek demo dan US election kemarin, sepanjang film gw kepikiran bagaimana reaksi temen-temen gw yang konservatif kanan kalo nonton film ini. Bagaimana menjelaskan fenomena Chiron dan apa yang terjadi saat dia beranjak dewasa? Apakah Moonlight bisa menjadi titik awal diskusi terbuka tanpa masing-masing keukeuh dengan ideologi masing-masing? Kalau misalnya kita tetangga Chiron, di titik mana kita bisa intervensi hingga hidup Chiron lebih baik? Apa yang seharusnya dibiarkan dan apa yang seharusnya bisa kita cegah? Apa yang bisa kita harapkan dari anak seperti Chiron yang tumbuh di lingkungan kurang kondusif?

Sementara di grup wasap, temen gw berbagi film Iqro, film tentang cewek muslim cilik yang ingin jadi astronot. Film ini besutan tim Mesjid Salman ITB, dan dari trailer-nya gw udah bisa mengira ke arah mana film ini mengacu. Dakwah bahwa Islam itu indah.

Cukup lama gw bertanya-tanya, apa yang membuat Moonlight lebih relevan buat diri gw dibanding film Iqro. Mungkin gw harus nonton dulu film Iqro ya sebelum menghakimi. Tapi hari ini, setelah baca review New York times tentang Moonlight, gw sedikit mengerti. Moonlight adalah tentang bocah yang tumbuh di komunitas marjinal, berkulit hitam dan SPOILER: gay. END OF SPOILER.

Moonlight adalah tentang menjadi minoritas, dan segala permasalahannya. Moonlight menyodok sudut hati kita untuk ga buta bahwa anak-anak seperti Chiron ini ada dan bernapas di bumi yang sama.

Akhirnya gw cuman bisa berbagi bahwa gw udah nonton Moonlight. Dan menyarankan untuk ga nonton film ini saat malam supermoon. Bikin kepikiran ga brenti-brenti.

10 thoughts on “Nonton Moonlight saat supermoon

  1. Aku suka biasanya film yang begini. Sekarang masih ngikutin serial Prison Break. Lagi gerem2nya aku sama si T Bag,tangan cuma satu kok bisa lihai membunuh banyak orang :D
    Gimana sekarang kondisi di NY ? masih demo?

    • Film ini mbak, waduh banget deh bikin ngilu. Aku malah belum nonton Prison Break, ini film jaman 2005-an itu bukan sih? Katanya bakalan ada film layar lebarnya tahun ini.
      NY aman, demo mulai surut tapi kayaknya akan selalu ada.

      • Ntar aku cari, semoga ada di netflix atau hbo lah. Prison Break actornya ituloh si Wentworth Miller, cakepnyaaaa..tp gay..duh sayang banget :D wkwkwk…
        Masih blm bisa move on ya di NY sama kyk di tanah air beta itu juga :D tak bs move on!

      • Tapi seru sih jadi banyak gerakan2 kiri. Aku udah dua kali dapet komentar yang di Indonesia juga ga bisa move on, ini maksudnya yang demo belakangan ini? Ya kalo itu sih, mantan presiden yang gagal move on kali..
        Ini kok jadi gosip politik disini hihihi…

  2. Belom liat sih filmnya, tapi kalo dari reviewnya kayaknya lumayan (segi sinema). Film yang diam bercerita, menyentuh. Seperti realitas kehidupan nyata anak anak (mungkin sekarang juga) dilingkungan kita. Oia, salam kenal

  3. Ping balik: Curhat Oscars 2017 | Langit, laut dan Doraemon

Tinggalkan Balasan

