Curhat Oscars 2017

Pesta Oscars yang gagal maning, ga jadi party, dan temen gw membatalkan nobar di apartemennya di hari mingu pagi. Yowis, tapi senang juga nonton Oscars di rumah, bisa disambi bikin banana bread dan gw ga mabuk-mabuk amat :D Emang malem itu dingin banget sih, gw rada males juga menempuh perjalanan.
Oscar tahun ini cukup membuat gw hepi karena hasilnya sesuai harapan. Padahal nonton film nominasi Oscar aja cuman dua biji. Hihihi… Tapi kedua film itu ya paling favoritlah.

Gw rasa tahun 2016 filmnya mayan bermutu. Taun lalu gw cuman nonton beberapa dan itu pun ga terlalu berkesan. Tentu saja gw suka Trumbo, tapi apalah arti Trumbo yang nyindir-nyindir Oscars dibanding Spotlight. Spotlight keren, tapi ga sedalem gw menikmati Manchester by the Sea.
Gw ga pro Lalalaland karena gw suka ryan yang satunya lagi. Hihihi. Premis gw sebelum nonton: I got it, we all need a happy-go-lucky movie dimana kita senyum, bernyanyi dan menari sepanjang film. There’s nothing wrong about dancing though. In fact, there’s something wrong if you don’t dance. Tapi dari dulu gw memang bukan penggemar feel good movie. Minimal ada bunuh-bunuhan sama ledakan deh :D Jadi tentu saja gw mendukung Moonlight supaya menang.
Moonlight, dari pertama gw nonton film itu, gw udah firasat, wah Oscar quality banget nih. Ada semuanya, a good cause, screenplay yang ciamik, aktor yang brilyan dan sinematografinya menghanyutkan. Gw udah kesengsem sama Mahershala Ali, waktu di House of Card sebagai Remy Danton, dia mencuri perhatian dengan segala lika likunya dengan Jackie. Aktor-aktor yang meranin Chiron juga brilyan bangetttt, segitu bukan aktor beneran… Adegan Chiron #2 mandi di bathtub itu cukup bikin trenyuh, karena sebelumya adegan seperi ini hanya ada di film-film eropa. :P
Terus film selanjutnya: Manchester by the Sea. Jangan tanya betapa gw suka konflik drama keluarga di film ini. Rasanya pingin gw peluk-pelukin itu Casey Affleck sama Lucas Hedges. Nuansa New England-nya juga kental banget di film ini. Mungkin karena Dead Poets, film bernuansa “putih” begini selalu membuat gw merasa syahdu.
Akting Casey Affleck beneran juara dunia. I didn’t see Casey Affleck, what I saw was a broken man who couldn’t fight his guilt and past. Waktu dia ngomong “I can’t beat it.” Ambyar deh, rasanya gw melihat mereka berdua berkeping-keping di bawah meja makan. Terus kata-kata siapa tuh ya, Manchester by the Sea is a beautiful movie about broken people taking care of each other. Ah pokoknya gw laafff banget lah sama Manchester by the Sea.
Zootopia, sebenernya ga ada yang spesial sih tentang film ini. Gw udah jarang nonton film kartun, udah ga kayak dulu. Jadi gw kurang mengikuti trend film animasi jaman sekarang. Ga ada yang baru di film Zootopia, konflik antar berbagai karakter, biasaaa… Pixar udah melakukan hal itu sejak lama. Pake berbagai media pun, mobil, hewan laut, mainan, udah bukan hal baru. Tapi gw akan selalu inget tampang Jesse waktu dia curi-curi nonton adegan pembukanya Zootopia dimana ada kucing main drama. Hihihi, kucingnya imut dan Jesse kesengsem deh.

Gw rada sebel sih sama tragedi ketuker amplop. Harusnya kan momen itu menjadi momen kemenangan Moonlight. Tapi kalo yang terjadi sebaliknya, ih makin ngeri. Pas Lalalaland dinyatakan menang, gw manyun karena oh plis deh. Suasana politik lagi panas begini, Oscars sempet maju mundur apakah mau diadain taun ini atau ga. Kalo yang menang lagi-lagi feel good movie, cinta-cintaan, dimana peran the Academy untuk bikin statemen-statement yang lebih pro masyarakat? Ga usah ada aja sekalian kalo cuman jadi seremonial seperti biasa. Tapi lagi, ini Oscars, bukan festival film hak-hak asasi manusia. It supposed to be fun too, right?

Congrats Barry Jenkins and all Moonlight crew! Well deserve award. Semoga lebih banyak lagi orang yang nonton Moonlight dan tersentuh hatinya.

Iklan

13 thoughts on “Curhat Oscars 2017

  1. Entah kenapa film2 Oscar itu aku nggak pernah cocok, mungkin cuman Spotlight salah satu dari film2 Oscar yang aku cinta (mungkin krn saya sendiri dulu eks jurnalis jadi bisa apresiasi). Udah nonton Moonlight dan bagi aku kurang “ngena”.

    • Jadi yang cocok film festival apa mbak? Sundance atau Cannes? :)
      Spotlight bagus yaaa… Terakhirnya ngenes, tapi buat aku Spotlight berat banget nontonnya mungkin karena banyak dialog :D Aku sukanya film yang banyak adegan diam dan minimalis.

      • Sundance kali ya, klo Cannes masih aga2 terlalu begitu lah.

        Buat aku film yang mengena itu yang setelah last credit diputer masih mikirin film itu tadi…

        Spotlight memang agak berat, tapi menarik banget, krn itu kan kisah nyata :/

  2. Gue juga termasuk yang mewek nonton La La Land. Gue suka La La Land karena unik juga sih, dengan cerita yang super sederhana tapi emosi gue main banget nonton filmnya. Ya seneng, ya gemes, hopeful, kecewa dan sedih. Tapi gue juga suka film-film lainnya yg gue tonton. Arrival, Lion dan Manchester by the Sea (Moonlight blon nonton). Secara cerita, film-film tersebut lebih baik dari La La Land tapi semuanya bikin gue nangis juga..ya gustii…mata gue bocor apa gimana?

    Gue setuju sama yg lo bilang, drama di Manchester by The Sea bikin mau pelukin tokoh-tokohnya. Waktu nonton adegan Lee bikin laporan (pengakuan?) di polisi, hati gue kaya ditusuk-tusuk jarum. Atau adegan Randy ngajak ngomong Lee. Ambyaaaar…dada rasanya kejepit.

    • Gw masih banyak nih pe-er nonton. Arrival nomer satu, gw suka film alien-alien gitu asal masuk akal dan alien-nya ga made in china kayak War of the Worlds :D
      Mau nonton Lion, tapi pada nangis-nangis ambyar gitu ya. Gw nonton An American Tail aja sesenggukan sepanjang film, apa kabar nonton Lion. Bisa-bisa dehidrasi :|

      Yoih pas Lee di kantor polisi itu rasanya, ya ampun abang ini kesian banget sih idupnya. Sini-sini minum teh anget dulu…

  3. Aku suka banget La La Land karena pengalaman pribadi hahaha.. iya bener itu feel good movie banget dan lokasi syuting nya bener2 lokasi pacaran hahaha (maklum ya jarang2 bisa nge-date kan :p) makanya jadi suka banget.. tapi ya gitu kalau menang best picture kayaknya nggak sih, mending Moonlight banget. Yay! Sayang pake acara drama salah amplop… kayak ngga kurang drama aja Holywood hehehehe :)))))

    • Wih, pengalaman pribadi kencan sama Ryan Gosling maksudnya? :D

      Iya, gapapalah pilihan best picture rada berat, namanya juga Oscar. Itu Warren Beaty dan Fane Dunaway kangen drama-dramaan kali yaaa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s