Day 6: Berlayar

berlayar1Mumpung lagi snowday dan kantor tutup, gw kerjain tantangan menulis sebanyak-banyaknya ah.
Hari keenam: What’s something you’ve always wanted to do but haven’t? Why not?

Berlayar.
That is my ultimate life goal.

Gw ingin beli kapal, hidup nomaden dari pantai ke pantai, mengunjungi pulau-pulau kecil dan besar. Pinginnya sih minimal setahun, udah ga usah ribet mikirin duit dan bikin peta lagi, tinggal berlayar aja bersama kapal gw.
Kalau trip kecil-kecilan yang kurang dari 5 hari sih udah beberapa kali walaupun itungannya menuris. Kalo ga salah yang pertama kali adalah waktu jalan-jalan ke Ujung Kulon. Waktu itu kita rame-rame nyewa kapal selama tiga hari. Oh, gw suka banget hidup di kapal, kulit terbakar matahari, rasa-rasa lengket air asin dan kapanpun gw mau, tinggal cebur-ceburan.
Waktu di Belanda pun beberapa dosen gw mengajak muridnya yang asik-asik ini berlayar di Friesland selama dua hari. Kali ini kita beneran berlayar alias diajarin pasang layar, tutup layar, gulung layar sampe nyalain mesin. Malemnya kita kemping di kapal dan gw merasa hepi berada di elemen-elemen jiwa. Apa sih.
Bahagia juga karena dosen gw asik banget sih :)

bulukumba1

Dua cewek centil yang nyasar ke Bulukumba dan salah satu menemukan tujuan hidupnya.

Saking sukanya sama berlayar dan kapal-kapalan, gw sama sahabat gw nyasar ke Bulukumba. Sebenernya ga ada di rencana mampir di Bulukumba, dan pada masanya (taun 2007 belum musim Instagram, baru ada multiply) kita berdua ga kebayang Bulukumba itu seperti apa. Awalnya kita liburan ke Makassar lanjut Toraja, lalu karena laut di bulan Desember bergejolak bagaikan asmara remaja, akhirnya memutuskan ga lanjut ke pulau Selayar dan hanya sampe Bulukumba. Ga ngerti juga gimana caranya kesana, cuma modal tanya sana sini. Besoknya setelah tanya obyek wisata apa yang populer, sama penduduk setempat dikasih tahu naik angkot ini ke galangan kapal pinisi, lalu kita pergi aja. Begitu sampe sana, wah gw bahagia dan seperti menemukan tujuan hidup. Sampe tukeran nomer HP sama juragan kapal. Dikiranya gw serius kali ya, setaun setelah kunjungan itu gw masih aja ditelpon-telpon, kapan mau beli kapal?
Hihihihi… Serius sih, tapi tabungannya belum cukup pak!

Terakhir gw boat trip adalah taun lalu menjelajahi Kepulauan Komodo selama dua hari semalem bareng Jesse. Dikit-dikit dirayulah mas bule ini, mau ya nanti kita beli kapal aja ga usah beli rumah? Hari pertama deal karena memang Kepulauan Komodo dan sekitarnya indah banget. Hari kedua dia terbakar matahari dan mulai seasick, deal batal. Hiks hiks. Tapi gapapa deh, nanti lagi gw rayu-rayu. Mungkin kalo kita berlayar pake kapal pinisi yang gedean ;)

Waktu ambil kelas deasin grafis tingkat lanjut, ternyata guru gw juga punya kapal! Oh wow!! Istrinya adalah kapten kapal (kapten kapal cewek keempat di Amerika!) dan mereka mengelola dinner boat ini dari nol. Sungguh inspiratif banget deh, sampe-sampe gw niat merangkai beberapa mimpi gw dari mulai berlayar dan bikin summer camp buat anak SMA dan akhirnya di kelas terakhir presentasi . Semoga ada waktu, usia dan konspirasi semesta agar terlaksana yaaa…

9 thoughts on “Day 6: Berlayar

  1. Aish, keren banget berlayar…. aku paling takut sama air, jadinya berlayar itu menakutkan hahaha…semoga nanti bisa beli boat dan bisa berlayar keliling dunia ya

Tinggalkan Balasan

