Oshun

Nonton acara poetry reading di Brooklyn Music Academy wiken kemarin berbuah gw jatuh hati pada dua Oshun. Apanya Oshin? *krik krik*

Oshun adalah dua cewek manis asal DC yang sama-sama kuliah di NYU. Suatu hari musim dingin mereka nyanyi-nyanyi di studio tari dan memutuskan: bikin lagu yuk! Begitulah dahsyatnya alam menginspirasi Oshun.
Sejak itu mereka aktif nulis lagu, bikin komposisi, rekaman dan manggung. Membawa pesan pemberdayaan perempuan, self-respect, keberagaman budaya dan pesan-pesan spiritual lainnya. Sungguh relevan dengan kondisi jaman sekarang. We all need peace, love and gaul spirituality.
Nama Oshun diambil dari dewi sungai Afrika Barat yang melambangkan luxury and pleasure, sisi feminin, kecantikan dan cinta. Di Nigeria mengalir sungai bernama Osun, dan ada perayaan selama dua minggu merayakan dewi sungai ini. Menurut gw, Oshun ini lambang yang cantik dan sangat tepat menggambarkan musik Oshun.
Musiknya sendiri dikategorikan neo-soul. Buat gw yang playlist-nya didominasi indie rock dan musisi bule lainnya, mendengarkan Oshun membuat gw bertanya-tanya. Suka apanya ya? Hmm…
Suka karena selain pesan-pesan Oshun, musik campuran soul, R&B, rap, hip-hop, reggae dan sentuhan kekinian ala Oshun terasa menyegarkan. Ada pengaruh Lauryn Hill, Erykah Badu, Drake, dan musisi lainnya yang jarang gw dengerin sebelumnya :D

Sayangnya musik mereka ga ada di Spotify, tapi ada soundcloud-nya. Check out this video, and don’t your agree that Niambi and Thandiwee are just too cute?


Gw kepikiran bikin serial tulisan tentang musisi jaman sekarang demi menampikkan mitos: musik yang keren hanyalah musik masa pertumbuhan. Jadi musisi baru ga mudah, apalagi industri musik sudah sedemikian rupa sampahnya. Let’s branch out, let’s support our true musician artists.

4 thoughts on “Oshun

      • Tambah 1 lagiii :) aku seneng Dit kamu suka share musisi2 yg oke dan aku gak tau, dulu aku rajin explore musik2 segala macem tapi makin kesini makin jarang dan sering settle sama musik itu2 lagi 😔

      • Ah iyakah? Baiklah akan mulai rajin nulis tentang musik lagi walaupun selama 3 bulan ini aku juga dengerinnya Electric Guest melulu :D

Tinggalkan Balasan

