Bacaan kwartal kedua 2017

bukuQ22017Jumlah buku yang gw baca di kwartal kedua ini cukup menurun. Mungkin karena udah merasa di atas angin secara kuantitas, gw mulai cari bacaan yang tebal dan berat.

Fiksi paling favorit: The Brief Wondrous Life of Oscar Wao
I heart this book. Junot Diaz bercerita renyah, seenaknya dan lucu. Tokoh-tokohnya sangat spesial. Oscar Wao yang nerd maksimal, ibunya yang hmm.. Apa ya, ya khas ibu-ibu centil gitu deh. Tentu saja karakter favorit gw adalah kakak Oscar, punk feminist yang jagoan lari. Cerita keluarga yang terkesan simpel ini mengambil setting di jaman diktator Trujillo. Hebatnya Junot Diaz, fakta sejarahnya ditulis sebagai catatan kaki, yang mana biasanya gw loncat. Tapi untuk buku ini, gw menghabiskan siang memastikan gw baca semua footnote-nya. Agak ribet sih di versi kindle-nya. Oiya, kalimatnya bertebaran spanish slang di sana sini, jadi sebaiknya ga blank banget soal bahasa Spanyo atau sedia kamus di tangan.

Non-fiksi favorit: The Elements of Typographic Style
Buku ini sudah sejak lama berada di daftar buku desain grafis yang gw baca, tapi karena ngeliat marginnya aneh dan gw heran bukudesain grafis kok kurang gambar gini ya, maka gw tunda melulu. Pada akhirnya gw mulai baca dan terpesona. Buku ini enak dibaca, Robert Bringhurst beneran jagoan menggambarkan teknik tipografi sehingga kita mengerti tipografi yang ampuh itu seperti apa. Sekaligus lucu juga! Harusnya para penulis textbook belajar dari beliau ya, jadi buku2 pelajaran itu enak dibaca dan ga kering.

Paling nyebelin: 13 Reasons Why
Sebenernya ga sebel-sebel banget sih. Masih dikasih bintang 3 laahhh… Tapi tentu aja kebanting dibandingin dengan In Cold Blood dan buk Reza Aslan. Gw kangen baca fiksi remaja, dan penasaran karena buku ini diangkat ke layar Netflix kan. Mayan, tapi banyak faktor yang ganggu seperti tema bunuh diri dan depresi yang menurut gw kurang kerasa aura gelap dan kelamnya. Baca How the Hula Girl Sings deh, bukan tentang bunuh diri tapi buku ini kelam banget, kerasa banget gelapnya kehidupan ex-napi. Joe Meno emang paling bisa deh cerita yang suram-suram, cocok dibaca sambil dengerin Portishead.

Berikutnya mari kita menyiapkan summer reading. Sarah Dessen anyone? ;)

What about you, how’s your summer reading so far?

 

18 thoughts on “Bacaan kwartal kedua 2017

    • Bollywood Bride mirip2 sama Crazy Rich Asian ga sih? Aku dari kmaren udah pingin baca yang ringan-ringan tapi ujung2nya suka ngerasa, napa sih buku ini begini amat such a waste of my time :D

      • Menurut aku sih mayan berat juga ni Bollywood Bride, penulisnya kebetulan orang India juga dan baru nerbitin buku 4 buah, themenya Bollywood semua.. Malah menurut aku, lebih ringan Crazy Rich Asian. Yang terbarunya sudah keluar juga, seri ketiganya, duh aku nunggu minjem di perpus aja, beli di toko buku disini mahal bener, $37 huhuhu

      • Oohh kirain semua ras dan etnik bikin seri yang serupa :D
        Iya aku selalu pinjem e-book dari perpus, tinggal klak klik udah ada di kindle :)

  1. Gue lagi suka yang klasik klasik nih Dit. Kemarin akhirnya bukunya Agatha Christie yang Murder on the Orient Express ke terima juga, jadi lagi baca itu deh… sebelumnya gue lagi baca The Handmaid’s Tale karya Margaret Atwood tapi ke tunda sama Agatha Christie yang ini.

  2. Yg typography menarik sepertinya. Jadi tertarik baca karena suka galaw pilih font. Hm belakangan ini bacanya ringan2 semua spt light science and magic, desiree..

  3. Aku baru baca buku The Mothers (Brit Bennett) dan sukaaaa banget. Sekarang lagi nyelesain Stay With Me (Ayobami Adebayo), buku ini juga menarik banget.

    • Barusan baca review Stay With Me, menarik bangettt… Nanti baca ah, tapi mungkin masih lama, aku lagi baca Americanah-nya Chimamanda. Takutnya jenuh sama cerita setting Nigeria.

Tinggalkan Balasan

