Hadiah Tahun Baru

Selamat Tahun Baru!!!

Yak telat 9 hari saja – rekor baru :D
Bagaimana tahun barunya? Seru? Kumpul bersama teman? Keluarga? Sendirian? Ga masalah.. Gw sendiri merayakan dengan ketidakjelasan. Alias jam 4 udah pergi ke bar, lalu jam 9.22 (akurat dan presisi ini penting) udah ketiduran :D Bangun jam 11.30 pm untuk ikutan countdown abis itu nyemilin kentang goreng sambil nonton film.
Bagaimana resolusi tahun 2017? Sudah dicentrang semua? Bagoooossss… Gw sendiri, hmm… Entahlah *tertunduk* ada beberapa hal menyenangkan yang berhasil dipelajari seperti ambil kelas illustrasi, ikutan cocktail class yang serius dan berakibat gw pulang dengan muka super pink sampe gw yang males lari dan balik lagi ke sepeda ke kantor 3 kali seminggu. Mayan bo, lebih dari 20 km bolak-balik ditambah bagian Manhattan Bridge yang penuh sumpah serapah.

Eniwei, post berikut ga ada hubungannya dengan resolusi dan tahun baru, tapi mungkin ada hubungannya. Eh gimana sik. Ini hanyalah berbagi yang baik-baik. Siapa tau dengan semangat fresh start ada yang ingin mencoba meditasi, atau ada yang sudah pernah mencoba dan ingin mengeksplorasi lebih jauh.
meditationguide_soundcloud_begy-02
Gw pernah cerita panjang tentang meditasi di blogpost ini. Tahun 2013 hidup gw jungkir balik dan gw menemukan piulikeun baru yaitu meditasi. Gw berhutang pada meditasi karena gw merasa hidup gw lebih baik setelah gw mengenal meditasi. Begitu pula dengan Bagia atau panggil saja Beggy – nama sebenarnya – yang semenjak mengenal meditasi menjadi transendental. Dari mulai resign dari kantornya saat itu sampe keliling dunia dan sekarang jadi direktur Golden Space Indonesia. Saat berkunjung ke New York di awal 2017 (atau akhir 2016 ya, lupa), dia cerita semuanya dan gw termenung-menung cukup lama meresapi perjalanan spirituil dia. Tsah.
Terus isenglah kami bikin sesi meditasi di apartemen dipimpin Beggy. Udah gitu ketambahan delivery guy yang dateng nganterin pesenan pas kita lagi siap-siap. Random banget :D Selama ini, gw dan Jesse rutin meditasi dengan panduan dari mindful meditation guide-nya Teddy Sculzo. Begitu ada Beggy, sebagai produser musik wannabe, Jesse pingin bikin panduan meditasi sendiri, lalu jadilah mereka rekaman sampe pagi, gw mah molor :D Abis itu ditambahin musik, karena Jesse bosen sama musik-musik pengiring meditasi yang cenderung versi lo-fi dari irama bollywood.
Karena satu dan lain hal, musik dan paketnya baru jadi akhir tahun ini. Maapkeun pemirsa. Tapi anggaplah ini sebagai hadiah pergantian tahun buat masyarakat semesta. Kalo menurut gw sih, ini semacam campuran mindful dan self-love meditation diiringi musik nintendo :D

Simpelnya, mindful meditation (praktik meditasi yang sering gw lakukan), adalah melatih pikiran kita untuk ga gampang menclok-menclok. Sudah terbukti secara ilmiah, juga pada Begy dan Dita teman anda, bahwa meditasi ini lebih banyak faedahnya daripada mudaratnya. Self-love sendiri semacam menerima diri kita apa adanya, praktek yang ga mudah dilakukan, karena kita cenderung menyalahkan diri sendiri dan membawa dosa-dosa masa silam di diri kita. Apalagi kalo orangnya bintang virgo yang perfeksionis kayak gw. Nah panduan dari itu semua, jadilah 11 menit yang menenangkan dan bikin rileks.

11 menit adalah waktu yang sebentar untuk duduk dan berdiam diri. Tapi di era penuh kesibukan, informasi berseliweran dan distraksi sana-sini, mungkin 11 menit inilah yang kita perlukan untuk sejenak rehat dari keseharian. Anggaplah, hadiah untuk diri sendiri. Semoga menikmati ya.

Iklan

14 thoughts on “Hadiah Tahun Baru

  1. Dit, aku gak pernah sanggup meditasi. Kelar kelas yoga pengennya kabur aja dari meditasi kelas 10 menit haha. Kalau diajak meditasi, pasti deh aku bosan dan mikirnya kemana2. Gak tau kenapa susah fokus

    • Aku juga tadinya “meh ngapain sih meditasi aku kan aktif” tapi ada masanya meditasilah yang aku butuhkan. Pikiran kemana-mana, ya wajar karena ga pernah dilatih :)

  2. Makasih hadiah taun barunyaaa… 😁😁😁btw aku mulai mencoba meditasi gara2 baca blog post kamu yg waktu itu lho! Baru sanggup pake app breathe namanya, pendek2 sesinya.. lebih lama dr itu either ketiduran ataauu pikirannya kemana2 😅

    • Waaa ada gunanya juga ya nulis panjang tentang meditasi ;) Aku belum pernah pake breathe, tapi meditation app emang sekarang menjamur yaaa, banyak pilihan. Aku juga waktu awal meditasi pasti ketiduran, pas nanya ke gurunya “oh mungkin kamu transendental jadi sangat rileks” Transendental sama kebluk tipis bedanya yaa…

  3. Wah bisa nih dicoba. Gw suka banget meditasi abis yoga, kadang terdistraksi dengan hal2 kecil sih tp biasanya bisa fokus. Kepingin ngadain waktu khusus utk meditasi (gak hanya sehabis yoga), ah akan kucoba ini. Thank you!

    • Semoga menikmati Aggy… Aku biasanya meditasi pagi-pagi, abis mandi, sebelum ngantor. enak rasanya memulai hari dengan ga rusuh-rusuh amat. Pernah juga begitu bangun langsung meditasi, tapi langsung ketiduran :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s