Musik akhir-akhir ini

Kalau diperhatiin, setahun ini gw jarang banget nulis tentang musik. Padahal niat awalnya pingin rajin nulis tentang musisi-musisi baru. Demi mementahkan mitos musik yang enak itu hanyalah musik lawas.
Mitos ini tidak benar adanya dan kalo ada yang mau dengerin musik 90-an terus-terusan juga gapapa. Gw pribadi sih sedang senang-senangnya mengeksplor dua genre musik: rap/hip-hop/R&B dan musik punk ala Please Kill Me.

Dua genre musik ini bukannya ga pernah gw dengar sebelumnya. Hanya porsinya ga pernah sebanyak ini. Awal 90-an, saat pertama kali gw gandrung musik, gw selalu dengerin Radio Oz setiap saat kecuali di sekolah dan di tempat-tempat umum. Di masa itu, musik Radio Oz ya seperti radio anak remaja pada umumnya, banyak memutar lagu-lagu pop Top 40, termasuk Tony Tony Tone, Montell Jordan, Surface, dll. Musik ini walopun gw suka tapi ga sampe tahap gandrung dan tergila-gila. Karena lalu datanglah gelombang metal (walopun tinggal sisa-sisa perjuangan) yang akhirnya dilibas oleh musik grunge dan alternatif. Yang mana gw langsung penggemar berat.
Semenjak pertengahan taun 2016 sebenernya gw mulai meninggalkan musik-musik indie rock, dan mengeksplor musik-musik lain. D’Angelo dan Raphael Saadiq adalah cikal bakal CLBK-nya gw sama musik-musik dengan beat yang groovy ini *please excuse my Jaksel Englesh*. Nah tahun ini gw mulailah dengerin semua itu Nicki Minaj, Cardi B, The Weeknd, Logic, Chance the Rapper, dll. I love them all. Gw akhirnya ngaku kalo suka Kanye juga :D
Dan tentunya di antara semua itu, juaranya adalah… yes, the one and only Donald Glover alias Childish Gambino. Gw beneran jatuh cinta, smitten dan kebat-kebit sama mas yang jago akting, nyanyi dan masya Allah kalo nonton dia nari rasanya geraaahhh banget. 3005 dan album Kauiai diputer tak henti-henti selama seminggu.

Di sisi lain, gw tentunya ga meninggalkan rock n roll yang kayaknya selalu kuhembuskan di setiap denyut napasku. Aseeekk. Karena pada awal tahun gw namatin buku Please Kill Me, maka gw mulai mencicil pe-er dengerin musik-musik di buku ini yang belum pernah gw dengerin secara intens sebelumnya. Gw mengulang-ngulang Velvet Underground, Dead Boys, MC5 sampai Richard Hell, dan tentu saja my new spiritual guru: Iggy Pop. Ini juga ditambah Punk Essentials seperti the Clashed, the Damned dan the Jam. Ada energy tak habis-habis dari musik-musik ini. Sekaligus cocok banget sih kalo lagi kesel sama temen kantor :D

Jadi begitulah pencarian musik akhir-akhir ini. Monmaap buat musisi masa kini yang luput dari perhatian gw. Tapi hey, gw dengerin Migos, this is progress!! :D

Iklan

16 thoughts on “Musik akhir-akhir ini

    • Yaaahh… pay respect to the profession laahh… Gw liat banyak banget musisi baru (alias cowok gw sendiri) yang berjuang mati-matian buat terus aktif bermusik. Nanti gw dengerin Tom Misch ah..

      • Hmm it’s not slow but try to listen Logic, his just released a ft. song with Wu Tang Clan, legend! also if you interested in diss/rap battle, you should check the beef between Eminem VS Machine Gun Kelly, it’s a hot topic on hiphop today. Denace also involved on Eminem’s side. kalo lokal, boleh coba dengerin RamenGvrl, Joe Million, Pangalo, Senartogok, Tuan13… they’re all great local rappers from this current generation. OMG I can’t stop talking about it, I mean I dig hiphop so much 😅. belom lagi list band poprock/shoegaze kayak Wolf Alice, Still Corners, Cigsaftersex… people should listen more to them, they deserve bigger and wider audience.

      • I’ve been playing YSIV on repeat this week! Tentunya diselingin Kauai teuteup… Thank you for the reccomendation, didn’t know our local rappers are the shit! :D I fell in love with RamenGvrl instantly, “We can go to Bali, maybe I’ll take you to Surabaiyyaa..” <3
        I've had my time of dream pop obsession, but currently not in the mood for them. I'm sure it's just a phase, and will be back listen to Cigs after Sex or Rhye or TV Girl anytime soon ;)

      • whoaaa you have nice musical taste ffs! for ramengvrl, ‘digital love’ is my fav so far (she ft with mardial, one of the best local dj!), also hmm apalagi ya, please kindly check ‘malam minggu’ by senartogok and ‘hash of haydar’ by tuan13 on youtube, dope beat and epic lyric! yeah i know it’s only a phase, for a teenage like me who grow up listened fall out boy… maybe it’s time for another genre. maybe it’s rap now, or back to emo or dream pop or postrock or whatever people named it, who will know… ps. i can’t enjoy auto-tune and mumble rap, i always keep on my mind that rap should be lyrical… but hey it’s just a music, so just enjoy it 🤘

      • Man, you should go back writing in your blog, but this time about music! I feel like too many blogger write about fashion (i don’t care!), travelling (I’d rather go there and get lost by my self) and skin care (yeah right!). We need to elevate music and musicians, especially shine the spotlight to local artist that struggling in this industry!!

    • Iya dari dulu music directornya Oz memang oke. Nah dulu tuh sering banget dengerin radio Oz abis jam 12 malem, sengaja biar par rekam lagu ga kepotong suara penyiar :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s