Telekinetik

Akhirnya sodara-sodara, gw baca juga buku karya Stephen King. Dimulai dengan Carrie, karya beliau pertama yang legendaris. Eh sebenernya gw udah baca The Girl Who Loves Tom Gordon, tapi itu udah lamaaaa banget dan itupun ga sengaja bacanya, karena gw lagi di perjalanan Kapal Pelni dari Makassar menuju Surabaya. Di tengah perjalanan gw tamat aja dong baca buku yang gw bawa saat itu (lupa judulnya), yang mana sebagai kutubuku ini adalah tragedi! Belum jamannya kindle jadi kita kalo traveling cuman bawa satu buku. Akhirnya gw embat buku temen gw, untungnya dia mau molor aja sampai kapal menepi di Tanjung Perak. Jadilah memori buku Stephen King gw adalah mimpi buruk The Girl Who Loves Tom Gordon dan gw yang ga sabar, ini kapan nyampenya siiih… Udah bosen! Untungnya di tengah-tengah perjalanan ditawarin rujak sama ibu-ibu di sebelah dan malah jadi ngobrol rame-rame. Oh kapal Pelni, kamu memang penuh cerita – kecuali cerita Stephen King.

Lah ngelantur. Tadinya kan mau cerita Carrie. Carrie is the whole awesomeness!! Mungkin lebih banyak yang mengenal Carrie dari filmnya. Gw belum nonton, tapi katanya keren ya? Ikonik.. Anyway, gara-gara Carrie ini gw kepikiran tentang telekinetik dan sempet googling apakah telekinetik itu nyata? Hahaha… Abis di buku-buku itu nampak nyata sekali dan ada benang merahnya. Pasti adalah kebenaran tentang semua ini. Lalu gw kepikiran beberapa karakter favorit yang juga berkemampuan telekinetik di buku-buku lainnya. Berikut adalah daftarnya

Carrie

Karena baru tamat buku Carrie ya inilah yang paling membekas. Kemampuan telekinetik Carrie adalah menggerakkan benda-benda dengan pikirannya. Contohnya membuat pisau melayang, meledakkan pom bensin sampai mendatangkan hujan batu. Setting buku ini sangatlah brilyan, Carrie sebagai pelajar SMA di-bully teman-temannya dan disitulah mulai banyak kejadian di luar nalar. Stephen King bercerita dengan unik, menggabungkan narasi cerita dan kumpulan-kumpulan artikel tentang fenomena Carrie. Cukup gory dan gelap. Seperti buku fiksi remaja pada umumnya, kisah Carrie berujung di prom night, tapi yaaa… Hmm, ga mau spoiler, tapi beneran deh prom night Carrie sangatlah dahsyat.

Matilda

Oh yeah! Matilda adalah karakter favorit gw sepanjang masa. Karena dia kutubuku tapi punya super power, bisa menggerakan barang-barang dengan pikirannya. Matilda pun lahir dari keluarga ga jelas dan dia ga bahagia. Untung saja gurunya baik hati, dia menemani Matilda hingga anak manis ini ga kesepian. Ceritanya sih khas buku middle grade, ga kompleks-kompleks banget tapi tetap bermuatan moral good people vs bad people. Buku ini adalah buku Roald Dahl pertama gw tanpa gw sadar betapa nyelenehnya Roald Dahl ini.  

Akira

Sebenernya gw ga ingat apa-apa tentang komik Akira ini, dulu beli komik edisi pertamanya. Lupa juga penerbitnya siapa. Yang gw inget gw beli di Gunung Agung Slipi Jaya Plaza. Karena cuman baca edisi pertama dan gw masih kecil, ga ngerti juga ini komik tentang apa. Tapi gw inget gw sangat menikmati membolak-balik halamannya dan mengamati gambarnya. Pertama kali liat manga cuy! Gw suka sekali tone kelam dan dunia yang nampak porak poranda, penuh polusi di komik ini. Kalo ga salah sih ada tokoh Tetsuo yang bisa teleport dan nerbangin motor. Tapi entahlah, gw ga baca lagi komik ini, karena lalu beralih ke Candy Candy dan Doraemon :D

Time Limit

Tibalah era manga membanjiri toko buku di kota-kota besar Indonesia. Salah satu favorit gw adalah Time Limit karangan Ringo Hijiri. Tokohnya Nina, bisa teleport dan bisa nerbangin barang-barang kayak Carrie. Tapi syaratnya, dia harus banget makan sebanyak-banyaknya. Memang gadis rakus. Komik ini koplak banget deh, banyak adegan-adegan muka kentang dan humor slapstick ala film Stephen Chow. Ceritanya Nina naksir kak Ogi, kakak kelas yang manis, dan saingan sama Ida. Tapi karena kelakuan Nina berangasan jadi ya gitu deh. Tapi asli Time Limit adalah komik terkoplak yang pernah gw baca. Gw mengenalkan kembali komik ini ke temen2 sekelas pas SMA, walhasil ada masa-masa di tengah pelajaran dan kelas yang sunyi tiba-tiba ada yang ngakak kenceng banget. Bisa dipastikan anak ini ga merhatiin pelajaran tapi lagi baca Time Limit di bawah meja.

Sebenernya komik superheros Marvel dan DC itu isinya karakter telekinetik semua ya. Tapi gw ga ngikutin uy, entah kenapa gw ga genah liat glorifikasi otot-otot mutan :D Tapi kalo ada yang mau nambahin silahkan loh…

The Stanger Things

Ini film sih bukan buku, tapi demi menyambut season 3 yang keren banget itu (sudah tamat wiken kmaren!), tentu saja perlu ada honorable mention untuk Eleven! Apalah The Stranger Things tanpa Eleven, ya ga? Dari season pertama, pemirsa sudah jatuh cinta pada gadis kecil berkepala plontos yang ditemukan Mike dkk di hutan, lalu bersama-sama membasmi monster. Eleven bisa menerbangkan barang-barang, melawan monster dan telepati atau teleport ya? Kayaknya teleport tapi ga secara langsung, cuma di pikirannya aja. Ah pokoknya Eleven geron lah!

Siapa tokoh telekinetik kamu? Dan sambil mikir-mikir nikmatilah lagu Pop Kinetik dari band lokal favorit gw dulu.

Iklan

2 thoughts on “Telekinetik

  1. Aah Matilda! She’s one of my favored fictional characters as well. Btw aku dari dulu pengen baca Carrie blm sempet2, abis baca post ini lgsg beli bukunya. Thanks for your review :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s