Liebsteir Award – dari Hanaa

Tulisan ini adalah lanjutan dari Liebsteir Award sebelumnya yang dibagi menjadi 2 bagian biar ga jadi cerpen wattpad. Kali ini menjawab pertanyaan dari Hanaa, yang mana kalo ini ujian gw pasti manyun karena ga dapet nilai 100 karena beberapa pertanyaan Hanaa ga pernah terpikirkan sebelumnya.

  1. Pilihan terberat apa yang pernah kamu buat dalam hidup? Akhirnya bagaimana? Apakah pilihan yang kamu ambil berakhir manis atau tidak?

Kayaknya yang paling berat adalah waktu aku memutuskan untuk menyudahi pacaran pertamaku. Pacarannya lama dan aku waktu itu masih sayang, tapi aku beneran ga ingin ada di hubungan itu. Akhirnya ya udah sih, sedih tapi berakhir manis tentunya karena aku bisa menemukan diriku lagi.

  1. Siapa orang yang paling kamu kagumi?

Siapa ya… Hmm… Kagum-kaguman ini buatku sifatnya musiman. Saat ini lagi tergila-gila Taika Waititi karena ya ampun dia cakep, pintar sekaligus kocak banget. Lagi sibuk marathon film-filmnya nih.

  1. Kalau dihadiahi uang seratus juta US Dollar, mau kamu apakan utangnya?

Oh udah pernah exercise sejenis ini! Waktu itu pingin beliin tiket buat semua orang rumah untuk ke New York atau kita liburan bareng di tempat yang jauh. Lalu beli rumah di tepi pantai. Lalu buat biaya hidup supaya bisa setaun ga ngapa-ngapain. Lalu buat ambil second master graphic design di London. Lalu buat biaya hidup dua tahun ga kerja dan merintis information design agency atau karir lepas. Sisanya masuk deposito buat masa depan dan buat Red Cross. Eh masih ada sisanya ga sih?

  1. Waktu masih kecil (sekitar SD), kamu mau jadi apa? Sekarang, apakah cita-citamu tersebut jadi kenyataan?

Dulu selalu jawab mau jadi arsitek. Mantep banget ga pernah berubah. Apalagi pas SMP, seneng banget gambar-gambar perspektif, udah macam arsitek beneran.

Sekarang? Ya nggak jadilah. Semenjak menemukan dunia grafik desain udah ga kepikiran jadi arsitek :P

  1. Hari yang ideal bagi kamu seperti apa, sih?

Hari yang dihabiskan di tepi pantai dan cebur-ceburan, ga kedinginan. Bareng orang-orang terdekat, hari yang seimbang antara interaksi sosial, baca buku, gegambaran dan tidur :)

  1. Menurut kamu, apakah anak-anak harus mengurus orang tuanya kalau orang tuanya sudah jompo?

Menurutku enggak. Tapi apakah aku akan mengurus orang tuaku, iya.

  1. Apakah tidur merupakan aktivitas yang menyenangkan bagimu? Kalau iya, kenapa? Kalau tidak, kenapa?

100% Karena aku suka sekali tidur. Udah bukan butuh tapi menikmati banget-banget. Kadang kalo udah kecapekan kerja seminggueun, gw bisa tidur 14 jam. Percaya ga, dulu aku sering jalan-jalan sendiri untuk lalu tidur seharian di hotel :D

  1. Kalau saat ini kamu bisa teleport dan berada di sana selama sebulan, kamu pilih tempat yang mana? Kenapa? 

Di tepi pantai dengan suasana musim panas biar bisa cebur-ceburan tiap hari. Tauk deh, pantai dan musim panas ini elemen aku banget. Rasanya seperti pulang ke rumah sendiri dan bercengkerama dengan teman lama yang menyenangkan.

  1. Kalau kamu bisa punya superpower, itu adalah….

Nggg, apa ya… Boleh ga sih punya superpower semacam pembawa gelombang kebahagiaan dan kesembuhan? Jadi kalo ada yang deket-deket aku bawaannya hepi dan sehat gitu.

  1. Apa arti kesetaraan menurutmu?

Kesetaraan adalah kesempatan dan fasilitas yang sama untuk semua orang memenuhi hak asasi-nya. Pokoknya gw selalu merujuk deklarasi human rights UN untuk mempertimbangkan kesetaraan ini.

  1. Film apa yang wajib untuk ditonton menurutmu?

Apa ya… Aku jarang nonton film tapi menurutku semua orang harus nonton film-nya Taika Waititi terutama yang judulnya Boy.

Baiklah… Makasih Hanaa udah ngajak bermain-main Liebsteir Award. Aku ga harus remedial kan? :D

Liebsteir Award – dari Deny

Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan Leibsteir Award sebelumnya. Gw bagi tiga karena merasa kepanjangan. Dapet tag dari Deny dan menurut gw Deny ini berbakat menjadi wartawan karena pertanyaannya asik banget ngoreknya, haha.. Tapi dengan senang hati dijawab sih :)

  1. Apa yang tidak kamu sukai dari ngeblog ?

Kayaknya banyakan sukanya daripada ga sukanya deh. Buktinya masih betah ngeblog setelah bertahun-tahun walopun kadang jarang muncul. Oh, ga sukanya adalah males masukkin foto-foto! Sungguh mengherankan karena gw orang yg sangat visual, betah ngulik dan ngedit foto. Tapi untuk blog kok males banget ya, wordpress nih photo editor nya kurang okeh – yhaa malah nyalahin wordpress. Kayaknya pingin langsung nulis yang panjang trus publish aja. Tapi kalo ga ada foto ya ga seru sih. Dilema deh, yang mengakibatkan banyak tulisan mangkrak di kotak draft.

2. Topik tentang apa yang kamu sukai saat menulis blog ?

Percaya ga sih, gw tuh mulai nulis di wordpress karena pingin nulis lebih banyak tentang musik. Akibat aspirasi yang tidak ada saluran dan sukur-sukur bisa jadi jurnalis NME – baiklah ini ngayal ketinggian. Tapi secara statistik, tulisan musik gw paling rendah peminatnya. Akhirnya aku menyerah pada animo masyarakat, tak apa disetir pasar :D

3. Perbedaan dunia blog saat ini dibandingkan dengan 10 tahun lalu?

10 tahun yang lalu berarti tahun 2010 ya? Wah tahun-tahun itu dunia blog madesu. Facebook merajalela, multiply berubah jadi pasar dan hanya segelintir blogger yang masih aktif di blogspot maupun merintis di wordpress. Atau gw aja yang ga tau party blog adanya dimana ya? Yang jelas susah sekali mencari bacaan-bacaan ringan yang dekat dengan keseharian dan membuat gw terhubung dengan banyak orang. Bukan pabanyak-banyak teman kayak di facebook ya, tapi merasa ikrib dan punya pertemanan lebih dalam.

Sekarang sih alhamdulillah ramai dunia blog, dan semakin mudah mencari blogger yang bisa konek. 

4. Blogger yang saya suka baca tulisannya?

Aduh ga bisa pilih. Semua yang gw follow di wordpress itu gw suka dan pasti gw baca blognya kalo muncul di feed. Apalagi kalo nulisnya yang ringan-ringan, tentang keseharian. Seger aja gitu bacanya, bisa jadi jeda sejenak di sela kerja dan ditunggu-tunggu di hari Senin. Kenapa hari Senin, cara gw mengumpulkan niat kerja adalah dengan baca blog pagi-pagi.

5. Apa arti media sosial buatmu?

Antara koneksi, inspirasi, hiburan dan distraksi :D

6. Media sosial apa yang paling menarik yang kamu punya saat ini?

Yang paling manis sih instagram ya. Kayaknya ini yang saat ini paling tekun dan tempat bersosialisasi dengan inner circle dan teman dekat. Twitter juga masih seru buat menumpahkan pikiran sesaat dan cari-cari retjeh buat bahan ngakak. Facebook buat nontonin video hewan-hewan, haha.

7. Bagaimana kamu dalam bermedia social ?

Kayaknya semenjak setaun atau dua taun yang lalu, gw mulai berdamai dengan instagram. Haha, emang sebelumnya perang ya? Entahlah, dulu itu kalo liat instagram bawaannya siriiiikkk melulu, dan merasa ini ngapain sih orang-orang pada pamer kehidupan? Tapi aku mau ikutan pamer dooongg… Sedikit demi sedikit gw mulai menikmati pameran itu, haha. Alias banyak kok yg asik-asik di instagram, apalagi semenjak gw follow banyak akun gegambaran yang memantik inspirasi. Tapi ya itu sih, lalu jadi distraksi dari kehidupan nyata, gw-nya malah sibuk nabung inspirasi tapi ga produktif.

Kalo twitter dan facebook ya udahlah ya.. Serah lo deh mo ngapain disana.

Eh pertanyaannya soal batasannya ya. Dulu sih cerita dan posting banyak. Sekarang mah secukupnya aja, ga punya bahan juga. Pembatasan ini organik aja sih, karena instagram dan blog gw kan terbuka buat publik. Jadi ya setiap posting otomatis selalu ingat untuk ga over sharing, ga posting tanpa konsen orang2 yang tampangnya ngajeblak, dan untungnya si Pablo ga bisa protes kalo gw posting foto atau videonya nyahahahaha

Kalo facebook, gw ga terlalu aktif disana, sebulan sekali posting juga udah sukur. Nah twitter yg spontan aja, kadang suka marah2 butuh menumpahkan uneg-uneg sesaat. Tapi twitter kan riuh rendah ya, jarang yg nyaut. 

8. Pamer tentang hal apa yang tidak kamu sukai di social media ?

Aku tak suka yang pamer jalan-jalan. Yhaaaa sirsakkkk nih Ditaaa… Hahaha… Abis dulu waktu aku rajin jalan-jalan dan foto-fotonya ada di flickr kok ga ada yang liat pameran aku sih? :D

9. Pernah mendapatkan bullying di media social?

Nggg… kayaknya ga pernah deh. Aku tuh sosok yang berwibawa gitu. Letnan kolonel kali berwibawa. Dari kecil gw tuh emang jarang dijahilin dan auranya serius. Ih beneran. Ini mbaknya manis begini, masa iya mau dibully. Dan memang pada dasarnya lebih sering menghindari konflik, jadi ya sebisa mungkin kita respek lah sebagai sesama makhluk yang harus co-exist di bumi yang padat ini. Eh apa tadi pertanyaannya?

10. Bagaimana kamu menilai dirimu sendiri saat ini?

Percaya ga sih, gw tuh semakin tua semakin menemukan diri sendiri, dan versi yang sekarang ini ga beda jauh dari versi usia 17 tahun. Gw juga heran. Bercita-cita jadi desainer grafis (udah jadi nih beneran), suka gegambaran, suka main drum, suka dengerin musik punk, suka nonton musik ikutan moshing, suka piknik, suka lari, suka tidur jangan ditanya :D Ukuran dan bentukannya pun ga jauh beda. Kadang masih berjibaku dengan kecemasan dan ga percaya diri juga. Lalu gw ga berkembang apa gemana ini yalord? Sia-sialah hidupku 20 tahun silam. Tapi ya gw rasa, gw cukup berhasil memupuk positive mindset dan menambah-nambah banyak tools untuk mengarungi kehidupan. Seperti yoga, tips dan trik membangun support system, belajar simpati, empati, dan pati-pati lainnya.     

11. Masakan apa yang paling juara dan selalu dapet pujian dari orang terdekat?

Den ini mah pertanyaan buat kamu sendiri kaliii :D

Tapi rendangku enak dan hitamnya mantap. Pecan pie aku juga legenda dan selalu laris di tiap Thanksgiving. Orang terdekat yang adalah Jesse suka semua masakan gw, kecuali sop buntut yang entah kenapa selalu membuat dia tiba-tiba ngomong “Aku ga laper.” :D 

12. Apa yang paling kamu banggakan dari dirimu saat ini?

Apa yaaa… Harta dunia sama sekali ga ada yang bisa dibanggakan nih, jadi mari kita lihat di akhirat nanti! Tsaahhh… Kayaknya yang aku banggakan adalah kerecehan diri ini yang gampang mencari hiburan di tempat-tempat biasa maupun tak terduga. Misalnya cebur-ceburan, nonton Doraemon, baca buku, nonton Apil dubbing sunda gw pasti ngakak ga brenti-brenti.  

13. Apa kabarmu selama pandemi ini?

Alhamdulillah baik, ga kehilangan pekerjaan dan WFH dari semenjak Maret. Alhamdulillah masih gampang mencari hiburan. Dan alhamdulilah alhamdulillah lainnya. Tapi ya, *curcol detected* capek banget gusti, kerjaan kayaknya ga habis-habis, dan jujur deh gw sangat kangen New York yang New York *cry*

Jadi begitulah… Udah selesai ya Den, pe-er-nya. Makasih loh udah menganugerahi blog yang tek seberapa ini :)

Liebsteirs Award

Whoa!? Gw dapet award blog-blog-an ini? Beneran? Rasanya ga percaya. Ya bukan webby award sih, tapi namanya lebih terdengar prestigius, alias ini nyebutnya gimana sih?

Walopun gw udah rajin ngeblog bertahun-tahun, tapi ya cuman gitu-gitu aja sih. Hanya sekedar saluran pikiran tanpa ada embel-embel branding, pemasaran, dll. Semata-mata tempat berbagi karena gw sangat suka baca-baca blog kalian semua. Dulu-dulu tuh sering liat award ini berseliweran, ga pernah kecipratan dan merasa oh ya siapalah gw, nulis blog sebulan sekali aja udah sukur *lalu meratapi statistik*. Makanya girang banget kali ini diseret oleh Deny dan Hanaa. Makasih banget loh aku diajak mainan :* Tapi terus baru dikerjain pe-ernya beberapa bulan kemudian *failed.

Aturan Liebsteirs award adalah sebagai berikut:

  • Berterima kasih kepada si pemberi penghargaan
  • Berbagi 11 fakta tentang diri sendiri dan 3 tulisan terfavorit
  • Menjawab 11 pertanyaan dari si pemberi penghargaan
  • Menominasikan dan memberikan penghargaan kepada 11 bloger
  • Memberikan 11 pertanyaan kepada bloger yang menerima penghargaan
  • Memberitahu 11 bloger yang menerima penghargaan

Baiklah kita mulai satu-satu yaaa… 11 random facts tentang si Dita in:

  1. Buat gw, kopi itu wajib dan teh adalah kemewahan. Bagaikan royal enggres ga tuhh… Maksudnya, tiap hari gw harus banget minum kopi supaya lebih bisa mikir dan bergerak, tapi kopinya apa aja, bikin sendiri atau beli, mahal atau murah, dari warung atau cafe, ga masalah. Yang penting ngopi. Nah kalo ada waktu senggang bisalah kita mimik-mimik teh dengan bersahaja. Ini baru random fact pertama aja udah panjang banget. Monmaap.
  2. Hobi ngupil. Dan waktu awal-awal pandemik deg-degan banget, duh bagaimana ini mencegah jariku mencari kehangatan di tempat-tempat sempit. Eh?
  3. Punya berbagai buku tulis untuk catatan kerjaan, journaling, catatan non-kerjaan, dll dan paling ga suka buku bergaris! Lebih baik polos, titik-titik atau kotak-kotak.
  4. Males mandi tapi kalo sampe sore ga mandi lalu bad mood.
  5. Dari dulu suka banget merakit barang-barang dari mulai robot gundam sampai perabot rumah tangga.
  6. Kalo belanja di minimarket atau supermarket bisa berlama-lama mandangin produk-produk di rak, oh ada ini, oh itu lagi diskon, ini sama itu bedanya apa ya… Mau belanja apa assesment inventory woy! :D
  7. Sudah mulai jarang dengerin musik-musik pertumbuhan (90-an – red), tapi masih hepi mengulang-ulang lagu-lagu Carpenters sambil reflek ambil apapun yang bisa dijadikan prop mik dan bikin video klip.
  8. Kadang males diajak party (kegiatan sosial mencakup kenduri, makan-makan santai sampai klabing – red), tapi pas udah di party ngobrol sama semua orang terus ga mau pulang :D
  9. Kangen jalan-jalan sendiri demi tidur yang hakiki. Lah ngapain jauh-jauh ya…
  10. Favorit banget pairing kacang garuda dan bil pilsner/lager, they are match made in heaven!
  11. Ga suka pake make-up karena tiap make-up sendiri selalu merasa kayak bude-bude :|

Untuk menjawab pertanyaan Deny dan Hanaa, sengaja gw tulis di post lain ya, soalnya kalo ga bakalan panjang banget bok. Mayanlah nambah2in jumlah post, ahak ahak.

Lalu, berikut adalah 11 pertanyaan dari Dita:

  1. Coba gambarkan persona fesyen kamu? Misalnya apakah suka warna-warna netral atau warna-warna mentereng? Suka pake asesoris atau ga? Suka memperlihatkan kulit atau ga?
  2. Selebriti mana yang kamu ingin rampok isi lemari bajunya?
  3. Kalau dikasih uang 100 juta dollar untuk beramal, akan didonasikan kemana atau untuk mendukung pergerakan apa?
  4. Apa pendapatmu tentang gender role?
  5. Apakah comfort food mu dan kenapa ini jadi comfort food?
  6. Coba sebutkan tiga hal yang membuat kamu bersyukur dari hari ini – ini sumpah males mikir :D
  7. For the bucin (or not) out there, certain dong kencan favorit kamu, baik yang udah pernah kejadian maupun yang masih di angan-angan :)
  8. Spirit animal kamu tuh apa sih? Dan karakter apa dari binatang ini yang mewakili dirimu?
  9. Selama masa pandemik ini, aktivitas apa yang membuat kamu ga gila-gila amat?
  10. Buku favorit kamu waktu kecil apa? Kenapa?
  11. Terakhir bukan pertanyaan sih, to all who have read all the way till the end of this post, I’m wishing you health, happiness and good fortune :)

Sebenernya gw tuh paling ga enak hati ngetag orang lain untuk ikut-ikutan berbagai tantangan. Karena biasanya diri sendiri suka merasa mau ikutan ah, tapi terus ada inilah itulah, atau kebanyakan dipikirin, lalu lupa aja. Pas giliran ada waktu ngerjain tantangan kayaknya udah basi ya, malah udah rame tantangan lain. Ya sama sih si Liebster Award ini juga begitu. Tadinya ga mau ngetag siapa-siapa, tapi inti award ini kan buat mempopulerkan blog-blog ya. Jadi gw mau tag Arin, Aniq, Martha, Anggun, Nadya, Qinoy dan Emmy. Marilah kawan-kawan konco perblogan, mari kita kepo bareng2, tapi kalo ga berkenan juga silahkan di-skip. SIla comot ribbon buatan yours truly yaa – yang terus teksnya typo XD

P.S.: Manurut gw Liebsteir Award ini seru, tapi 11 pertanyaannya kebanyakan. Capek deh jawabnya, ya ga sih? Kayaknya kalo pertanyaannya 5-8 pertanyaan lebih mendalam jawabnya dan bisa viral lebih banyak. Atau ini perasaan gw aja ya…