Musik 2021

Selamat tahun baru kawan-kawan! Gimana taun barunya? Seru? Gw sendiri masih dalam rangka hangover Natalan, dua hari ga ngapa-ngapain, lalu sisanya.. Uhm, main Animal Crossing karena gw dapet kado Nintendo Switch. Rencananya sih, hari-hari di antara natal dan taun baru mau dipake buat refleksi taun 2021 dan menata pikiran menghadapi 2022, tapi ga tau kenapa otak dan badan gw cuman pingin berada di momen ini. Alias males ngapa-ngapain, selain baca buku, main game, masak-masak dan tentunya tidur yang banyak.

Tapi baiklah kita mulai sedikit-sedikit yaaa… Mari kita mulai dengan kilas balik musik 2021, tradisi tahuan wartawan NME gadungan, hehe. 

Seperti 2020, taun ini minim konser walau akhirnya di musim panas ada momen-momen gw merasa dunia akan baik-baik saja dan lalu gw nonton konser di Brooklyn Steel. Senang! Tapi sekaligus, ya udahlah, hidup ga hanya melulu tentang konser, hehe. Tapi dengerin musik jalan terus doong. Kilas balik musik 2021 tuh sebenernya udah terasa hawa-hawanya saat Spotify Wrapped kita diluncurkan. Senang ya, udah ada yang merangkumnya, hehe. Musik-musik apa sih yang gw temukan di 2021 dan menemani hari-hari di taun transisi ini?

5. MICHELLE

Nemu MICHELLE karena iseng buka-buka flyer Brooklyn Steele, trus eh ini ada yang manggung ntar malem. Dengerin ah. Tapi ternyata konsernya virtual, ya gapapa juga sih, karena musiknya enakeun. Mendengarkan MICHELLE seperti menjadi gadis remaja 18 tahun, main roller-skate di tepi pantai Venice beach, California, semilir angin membuat rambut kita bagaikan iklan shampo. Santai, ringan, dimana masalah paling berat hidup ini adalah bagaimana flirtingan kita bersambut dan cowok gebetan itu mau jalan bareng. Ya emang anggota MICHELLE ini masih muda-muda sih, rata-rata masih di awal umur 20-ies. 

4. The Muslims

Saat bikin kompilasi musik-musik pengiring adzan maghrib dan buat mengiringi pesta lebaran, gw jadi tau ada genre Takwacore dan Muslimcore. Musik ini tuh semacam hingar bingar tapi temanya seputar islam dan budaya timur tengah. Ada banyak juga ya musik yang begini. Walopun kebanyakan terlalu kenceng buat masuk playlist saat detik-detik mau pingsan, gw hepi karena terantuk dengan The Muslims. The Muslims adalah musik yang gw cari-cari selama ini. Musik punk klasik ala Saparua, dengan tema-tema revolusi masa kini. Yang lebih seru lagi, ketiga personilnya adalah transgender, berkulit cukup gelap dan muslim, seperti namanya. Tentu saja muslim masa kini, dengan kompleksitas dunia modern. Musik dan lirik mereka seperti membenturkan berbagai hal yang ga kepikiran untuk bercampur di satu media: muslim, demokrasi dan berbagai f*ck you untuk hal-hal nonsense. Pokoknya love bangetlah. Album barunya Fuck This Fucking Fascist, dari judulnya aja udah jelas-jelas menjabarkan karakter The Muslims.

3. Yaeji

Okeh, entah gw udah ketinggalan berapa taun dari debut Yaeji. Tapi, omg, suka sekali dengan angin segar Yaeji. Inilah wajah rap dan EDM masa kini! Cewek keturunan Korea dan besar di Brooklyn. Bisikan lirih vocal khas cewek Asia dipadu dengan beat elektronik yang ga ngoyo-ngoyo amat. Yeah! Alhamdulillah, dari sedikitnya konser yang gw tonton di 2021, salah satunya adalah Yaeji di Prospect Park Bandshell, dan saat Raingurl berkumandang… wih, pecaaah banget sodara-sodara.

2. Mannequin Pussy

Tau Mannequin Pussy dari Japanese Breakfast. Waktu Spotify wrapped gw bilang, salah satu genre yang paling sering gw dengerin di 2021 adalah bubble grunge, dan gw “Wait, WTF is bubble grunge?” Setelah googling gw sedikit paham genre ini, dan curiga Mannequin Pussy lah yang bikin musik yg gw dengarkan masuk kategori ini. Yah, semacam garage rock yang lebih lembut, tapi tentu saja dengan vokal cewek. Jadi seperti itulah memang Mannequin Pussy, dan gw memang banyak mendengarkan musik-musik seperti ini. Sebenernya Mannequin Pussy ga ngeluarin album tahun ini, tapi ya udahlah gapapa. Hahaha.

1. Japanese Breakfast

Taun ini adalah taunnya Michelle Zaunner, cewek di balik nama Japanese Breakfast. Gw tuh dulu udah sering dengerin Japanese Breakfast sih, tapi ga nyantol-nyantol amat. Tapi semenjak baca bukunya Crying in H Mart (suka banget, ulasannya sudah gw draft, entah kapan tayang), oh wow, seperti temenan sama Michelle dan ngerti makna di balik lagu-lagunya. Album barunya, Jubilee, keluar juga taun ini dan gw rasa Michelle mendefinisikan kembali musik indie, dance dan rock. Michelle menulis lagu sebrilyan dia menulis novel, didukung dengan aransemen ciamik dan band yang solid. Virus Michelle ini menular juga pada Jesse, jadi album Jubilee berkumandang nyaris tiap hari. Kita akan jingkrak-jingkrak di lagu Be Sweet dan berkaca-kaca di lagu Tactics.   

Dan alhamdulillah, salah satu konser musim panas yang gw hadiri adalah konser mereka di Brooklyn Steele. Udah ga tau lagi deh, segala perasaan campur baur saat nonton Japanese Breakfast. 

Honorable mention:

  • Dallas by Kid Str

Ada satu lagu yang gw dengarkan on repeat di taun 2021: Dallas by Kid Sistr. Suka banget sama lagu ini. Liriknya yang gw terjemahkan sebagai bucin abis dan bagian pas abis refrain-nya yang “Dallas… deus tak..” ugh nagih banget.

  • All Too Well – Taylor Swift

Walopun musik gw cenderung nyeleneh dan udah beberapa kali gw berusaha dengerin Taylor Swift tapi ga cocok aja, akhirnya taun ini gw kena juga dengan All Too Well. Gimana dong, kalo Taytay bisa patah hati sepatah-patahnya dan segamblang-gamblangnya di lagu ini, ya kita sebagai kaum hopeless romantic seperti, iya banget kayak gitu rasanyaa… Hihihi. Gw juga suka sekali dengan produksi lagu ini, lebih cocok dengan selera gw dan ga seperti template lagu pop keluaran pabrik.

Musik taun lalu apa aja yang paling berkesan buat kamu? Sebagai penutupan, kembali lagi ke Japanese Breakfast, selamat menikmati Paprika :)

Imposter sindrom

Sebulan ini gw sibuk banget nyiapin berbagai produk visual untuk acara kantor. Salah satu produk yang gw bikin adalah branding dan branding guide, dan alhamdulillah mendapat sambutan hangat dari berbagai pihak. Hore!

Memang sih, hanyalah sepercik komen dari beberapa kolega, tapi gw seneng banget. Dan walopun sibuk luar biasa, gw mengamati secara mental gw cukup kalem ngerjain semuanya untuk event ini. Yang membuat gw merasa… wow, gw tumbuh dan berkembang!

Dulu tiap ada proyek atau tawaran kerjasama, deg-degan duluan, takut hasilnya jelek dan pas ngerjainnya sering menghadapi jalan buntu. Sekarang walopun ga tau juga hasilnya akan gimana, tapi gw dengan senang hati ngasih pendapat dan bisa ngasih estimasi, oh ini perlu waktu sekian lama dan harus hire sekian banyak orang dengan spek gini-gini.

Dan saat ngerjain pun pelan-pelan eksplor sana-sini. Kalo mentok soal teknis lalu liat-liat youtube. Kalo mentok ide, coret-coret sejenak. Kalopun hasilnya ga sesuai yang gw inginkan, ya kita lempar saja dulu, kadang didiemin beberapa saat, kadang diinepin, kadang tunggu aja masukan dari orang lain.

Semakin percaya diri, semakin gapapa juga kalo ga bisa. Tinggal bilang, duh gw ga bisa bagian ini, atau waktunya ga cukup buat eksekusi.

Dan menurut gw, perkembangan kita mengelola perspektif ini sangatlah ngaruh ke hasil kerja dan kondisi kerja. Sejalan dengan keterampilan teknis, perkara kita mengelola pikiran dan mental saat ngerjain proyek desain tuh penting banget.

Walopun gw sangat cinta dunia grafik desain dan alhamdulillah banget bisa berkecimpung di dunia ini dengan kondisi sekarang, sejujurnya gw tumbuh dengan ketidakpercayaan diri bahwa gw bisa jadi grafik desainer. Buat Dita umur 18 taun, grafik desainer itu bagaikan dewa yang keren, dan apalah gw cuma penguin yupi yang berkhayal bikin ini itu. Bahkan saat gw dapet berbagai proyek grafik di awal karir pun, gw bilang sanggup tapi ketar-ketir dan seringkali di tengah jalan gw merasa, gosh ini semua butut sekali. Apalagi gw ga pernah mengenyam sekolah grafik desain secara formal. Imposter sindrom gw parah sekali, gw ga pernah berani bikin portfolio.

Di tengah perjalanan karir, saat ngerjain proyek desain, sambil deg-degan gw babacaan “You can do this, you can do this, come on Dita, you can do this..” Beneran loh ga bo’ong, ada gremlin di kepala gw yang terus-terusan bilang “Katro banget sih desain lo.” Dan kalo ada yang muji karya gw, yang pertama kepikiran adalah “Ah basa-basi kali ya, yang penting kerjaan kelar.”

Jadi saat gw sadar, bahwa branding yang gw bikin memang keren dan gw memang cakap di bidang grafik desain ini, momen itu gw rasanya pingin tebar-tebar konfetti ke diri sendiri.

Congrats, Dita! And buckle up, there are more things to learn here! << Lalu si Virgo kembali menyabotase.

Kamu pernah ngalamin imposter sindrom ga? Gimana pengalaman kamu?

Transisi

Halloween di Old Orchard Beach, Maine. Salam dari Wenda dan Ted Lasso.

Hallo teman-teman.. Sudah lama sekali tidak nulis di blog ini. Sudah lama menimbang-nimbang, apakah tempat ini masih menjadi wadah yang berkelanjutan saat menulis semakin lama terasa semakin berat? Tapi aku cinta sekali pada blog. Gimana dong… Mungkin ganti template? Hmm… Masih pikir-pikir.

Hari Jumat kemarin adalah hari blogger nasional. Halo rekan-rekan blogger seantero nusantara! Plis jangan berenti menulis yaaa.. Kalian adalah penyaji konten favoritku! Jangan kayak anak ini, hehe. Pingin banget nulis, tapi apa daya diriku malah minim motivasi karena malam sebelumnya kita menjamu Papa Mama nya Jesse makan malam disini. Aka gw minum wine banyak banget.

Eniwei, sedikit update dari kehidupan, breaking news yang ga breaking karena udah lewat satu bulan… Gw dan Jesse menutup chapter New York kami dan untuk sementara ini tinggal di Old Orchard Beach, Maine. Banyak pertimbangan, di antaranya kantor yang fleksibel hingga kita bisa kerja darimana saja, banyak acara keluarga di sekitar sini dari bulan Oktober-Desember dan kami berdua sepakat butuh tempat yang lebih luas.

Kebetulan menemukan rumah di Old Orchard Beach, 10 menit jalan ke pantai, tapi jauh dari mana-mana. Mungkin ini ya imbas sekian lama hidup di tengah New York, apartemen yang dulu rasanya terlalu kecil dan tidak mumpuni untuk WFH berkelanjutan. Gw udah siap mental jadi suburban girl, menghabiskan waktu dengan nyapu dedaunan dan masak-masak setiap hari. Dan gw selalu bilang, gw ga berencana pensiun dimanapun selain di tepi pantai. Walaupun tempat ini sementara, tapi semacam preview hidup bernafaskan garam :D Sekarang sih udah terlalu dingin untuk main ke pantai sering-sering, tapi pas bulan September kemarin oh nikmati sekali cebur-ceburan dan jemur-jemuran nyaris tiap hari.

Ingin berbagi berbagai cerita hidup di tempat baru ini, tapi ga janji ya (lihat paragraf pertama di atas). Dan insya Allah bulan Januari nanti kita akan pindah ke tempat baru lagi untuk waktu yang lebih lama. Nantikanlah breaking news selanjutnya…

Untuk sementara, salam dari kami yang habis ber-halloween-ria sebagai Ted Lasso dan Wenda (sefruit alasan untuk beli sweater garis-garis lagi) dan guling-guling di halaman rumah, karena sebagai ex New Yorker, halaman rumah ini barang mevvah.

Rindu rumah

Hari ini capek banget karena udah berhari-hari ngerjain laporan banyak banget.

Lalu terus pingin comfort food indomie telor, sesimpel itu. Tapi stok indomie kosong. Emang sengaja lama ga nyetok sih. Karena merasa, di depan apartemen ada minimart Jepang yang juga jualan mie ramen segar dan gw lagi hobi bikin peanut butter spicy noodle pake mie Taiwan. Ga ada yang bisa gantiin mie instan Indonesia, itu benar. Dan rasanya ga pernah sengidam sekarang.

Kangen rumah atau homesick itu seperti itu ya. Bahkan di tengah-tengah hiruk pikuk kehidupan di New York, saat life is pretty good here, ada setitik perasaan, duh pingin itu ya. Dan kadang ngidamnya tuh yang banget-banget. Diajakkin ke resto Thailand atau segala macem sajian szechuan, tetep ya, bukan ini yang aku mauuuu… lalu tebalikkin meja. Ya nggak juga sih, drunken noodle-nya tetap gw makan karena doyan. Tapi teuteup ada dahaga yang tak terpuaskan.

Buat gw, biasanya kalo lagi capek banget, maka gw akan ngidam makanan yang entah kenapa tiba-tiba kepikiran. Kapan tuh, saat capek laporan gelombang pertama, gw ngidam roti coklat. Sesimpel roti lembut dengan coklat belepotan yang tumpah. *cue jingle sari rasa roti sari rasa* Padahal kalo dibandingin kroasong Bien Cuit yang coklatnya berlimpah, ga ada apa-apanya. Pernah juga lagi siap-siap mau tidur, agak telat karena kerjaan molor cukup lama, tiba-tiba kepikiran momogi. Random banget.

Mungkin karena kalo lagi capek itu butuh sesuatu yang nyaman ya. Dan kalo lagi capek banget, kebutuhannya itu seprimal rindu kraus-kraus msg jajanan masa kecil.

Rindu rumah-mu biasanya karena apa sih? Trus makanan atau minuman apa yang sering dirinduin?

Vaksin

Yay aku sudah divaksin!

Mau cerita-cerita dikit ah.

Jadi sekarang ini vaksin di New York memang sudah tersedia buat semua orang – tanpa mengenal batasan apapun. Pengadaan vaksin ini diberikan secara bertahap, awalnya untuk yang berumur 65 tahun ke atas dan pekerja esensial. Pas itu gw masih santai-santai, ya belum ada rencana mau kemana-mana dan ngapa-ngapain juga. Masih dingin cuy, jangan paksa aku keluar dari selimut. Sebenernya waktu tahap ini tuh gw dapet surat rekomendasi vaksin dari American Red Cross, tempat gw sukarelawati. Tapi apalah, gw kan kerjanya online dari rumah, biarlah kawan-kawan di lapangan untuk dapet vaksin duluan.

Semenjak tgl XX (diriku lupa tanggal berapa, google sendiri aja yah daripada tulisannya ga jadi tayang lagi – redaksi pemalesan), Cuomo mengumumkan kami-kami para Gen X ini, alias yang berumur di atas 30 tahun, boleh divaksin. Seminggu kemudian, tgl 6 April vaksin tersedi untuk semua yang berumur di atas 16 tahun. Mulailah kita cari-cari vaksin, cari tempat vaksin dan bikin janji online. Tapi pas menjelajah di browser… Waduh, gimana ini caranya? Agak bingung juga. Katanya di Pharmacy terdekat bisa bikin janji vaksin, tapi kok slotnya kosong semua. Beberapa site juga masih yang maju mundur gitu, ga semuanya ngasih vaksin buat di atas 30 tahun ke atas. Banyak tersedia di Bronx sih, tapi mikir-mikir mau ke Bronx, naik kereta lebih dari sejam, belum lagi ngantri dan kalo ada apa-apa, yo wis PT Sabar Menanti aja dulu ya. Udahlah itu tab dibuka semua dan tiap jam di-refresh siapa tau ada slot vaksin kosong.

Lalu di hari Sabtu XX (ditto – redaksi yang malas) April, dapet berita dari temen, ada slot vaksin banyak di Jarvits Centre dikordinir oleh NY State. Langsung meluncur ke websitenya, dan bener aja, ada banyak malih. Tapi kok, cepet banget abisnya?! Waduh waduh waduh… Jiwa calo tiket konser gw terpanggil untuk berkompetisi. Ada kali sejam dua jam gw berburu slot vaksin. Beneran cepet-cepetan. Misalnya nih, tgl 5 Mei ada slot vaksin buat 300 orang, pas di klik, milih waktu vaksin, kadang udah abis aja. Akhirnya dengan strategi calo tiket konser, dapetlah slot buat gw dan Jesse, untuk tanggal 18 May. Eh ternyata banyak slot baru untuk tanggal rada majuan, ya udah deh book sekalian. Kita liat aja secepet apa bisa dapet, dan untungnya sistemnya rada cerdas sih, kalo kita double book, janji vaksin di tanggal yang lebih lama otomatis digagalkan.

Akhirnya gw hepi dengan tiket vaksin tanggal 18 April di kantong, dan tiket tanggal 25 untuk Jesse. Tapi ya jiwa calo ga bisa boong, tiap hari masih gw cek-cekin tuh website NYState vaksin, siapa tau ada yang lebih ‘pagian’. Eh bener aja, tiba-tiba dibuka tempat vaksin baru, kali ini khusus untuk warga Brooklyn. Oh yeah! Langsung cek syarat dan ketentuan, book, dan jadi deh kita berdua punya tiket vaksin tanggal 12 April, seminggu lebih awal.

Sehari sebelumnya gw udah print segala macem, tiket vaksin, formulir, kontrak apartemen, paspor, kontrak kerja dll. Monmaap disini lebih suka berlebihan untuk urusan daftar-daftar. Termasuk melakukan barre arm workout, biar nanti pas selfie udah divaksin lengannya ga gelambir-gelambir gitu.

Di hari H gw udah cakep siap-siap berangkat dari dua jam sebelumnya, lalu barengan Jesse naik taksi ke tempat vaksin. Sempet agak bingung juga sih, karena lokasinya kan di salah satu College, nah bagaikan UNPAD, gedung kampusnya tuh berserakan. Tapi setelah nyampe di lokasi yang benar, yaitu berupa tenda-tenda darurat, prosesnya cepet banget, ga ada antri sama sekali.

Dari pintu masuk dan di setiap belokan selalu ada yang ngarahin. Penyelenggara vaksin NY State tuh dari militer, jadi banyak babang-babang berseragam loreng-loreng ijo coklat. Prosesnya sangat mulus, dicek ID dan bukti domisili di New York, lalu masuk ke booth vaksin. Pas liat paspor gw dari Indonesia, pada terkagum-kagum, liat-liat gambar komodo lah, gambar gunung-gunung di paspor hahaha… Trus kita jawab beberapa pertanyaan wajib, abis itu jleb, yay vaksin dosis pertama.

Setelah itu kita diwajibkan nunggu selama 15 menit untuk memantau gejala. Gw sama Jesse sibuk foto-foto hepi. Tapi ga ada gimmick-gimmick macam photobooth sama stiker gratis uy, huhuhu… Tapi ya udahlah ya, alhamdulillah banget dapet jatah vaksin. Vaksin berikutnya otomatis terjadwalkan 21 hari kemudia di tempat yang sama. Tinggal bawa kartu vaksin.

Alhamdulillah setelah vaksin dosis pertama, kita baik-baik aja. Bagian lengan kiri agak pegel sih, dan Jesse agak kurang enak badan. Katanya banyak yang ngantuk setelah divaksin. Gw ya ngantuk sih, tapi gw ngantuk begini setiap hari. Gimana dong. Udah gitu, besoknya bertepatan dengan hari pertama puasa, ya makin ngantuk lah, tapi kita lemesin aja say.

Vaksin kedua

Vaksin kedua terjadwal seminggu yang lalu. Gw dan Jesse cus menuju tempat vaksin berbekal ID dan kartu vaksin. Udah ga nyasar, langsung pada sasaran, diperiksa bentar, kagak pake ngantri. Dalam 10 menit beres divaksin. Seperti pas dosis pertama, kita nunggu 15 menit. Dan gw dikasih stiker! Yay!!

Keesokan harinya gw bangun dengan mood aneh. Gw kira gara-gara puasa ya, tapi semakin siang semakin ga enak badan. Oh inilah yang dimaksud dengan efek samping. Jadi deh minta ijin ga ngantor dan jadi alesan untuk leyeh-leyeh, baca komik sama makan berbagai macam comfort food.

Hari besoknya udah seger lagi. Dan perlahan-lahan kehidupan di New York berlangsung normal kecuali ngantor masih di rumah. Ini sih lebih kepada manajemen kantor gw yang lagi sibuk pindah sana sini juga.


Sempet berasa surreal juga sih dengan vaksin ini. Wow, kita sampai di tahap ini juga ya. Buat gw yang beneran jarang keluar rumah dan ketemuan orang-orang, pandemik berasa banget loh. Sempet sedih juga sih pas baca berita bahwa akibat banyak yang ga mau divaksin, kemungkinan US tidak akan mencapai herd immunity. Argh kesel, ayo dong, kita mau nonton konser iniihhh… Tapi ya baiklah, I do what I can do. Lagian gw mau dari dulu juga udah biasa divaksin sana-sini. Pe-er selanjutnya adalah beradaptasi lagi dengan aktivitas di luar rumah, kok gw malah males bersosialisasi ya? Terlalu pewe pake piyama sehari-hari nih.

Kamu gimana, udah divaksin? Trus, apakah siap kembali party-party? ;)